Bali menawarkan berbagai keindahan bagi wisatawan yang berkunjung. Bentangan pantai dengan pasir putih. Birunya laut yang memikat dan ombak berkejaran. Selain itu berwisata ke pulau Dewata juga tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Bali.

Kuliner khas Bali memiliki ciri rasa yang pedas. Kesegaran dari sayur-sayuran juga menjadi sebuah keunikan tersendiri. Makanan tradisional dari pulau Bali juga biasanya kaya akan rempah. Mulai dari kelapa, sampai digunakannya batang serai.

Ada beberapa kuliner dari Bali yang tentu sudah tidak asing lagi. Seringnya sih tempat wisata kulier ini sudah banyak dikunjungi wisatawan. Rasanya juga kerap kali tidak otentik.

Rekomendasi Kuliner Khas Bali

Untuk itu sepertinya tidak salah bila mencoba berkunjung ke lokasi wisata kuliner khas bali yang justru belum banyak diketahui.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kuliner Khas Bali

Alamat:

Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud – Bali

Bagi penduduk lokal Bali, kuliner satu ini sudah tidak asing lagi. Terbukti sudah banyaknya cabang restauran Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di beberapa daerah berbeda di Bali. Meski begitu untuk rasa yang benar-benar autentik harus berkunjung ke Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku di Kedewatan, Ubud.

Suasana rumah makan yang sangat khas tradisional Bali akan menyambut. Restauran satu ini bahkan kabarnya didirikan langsung di rumah sang pemilik loh. Tempat makannya saja lesehan di teras rumah-rumah kecil yang menjadi bagian dari kompleks bangunan. Seperti rumah tradisional Bali pada umumnya.

Hidangan nasi ayamnya sendiri sudah pasti lezat. Rasa yang dominan gurih dengan sensasi sedikit pedas akan menyambut lidah. Dalam satu porsi nasi ayam akan ada nasi putih (bisa pilih campur atau pisah), ayam betutu atau garang asem, ayam suwir khas Bali, pepes ayam urap, sate lilit ayam, kacang goreng, ongseng ati ampela, sayur buncis, telur, dan tentunya sambal.

Untuk menu komplit tersebut harga yang dibanderol hanya Rp 25,000 saja!

Warung Mak Beng

Kuliner Khas Bali

Alamat:

Jalan Hang Tuah No.45, Sanur – Bali

Satu lagi wisata kuliner dari Bali yang sangat khas dengan warga lokal. Meski selalu antri, warung makan yang sudah buka sejak tahun 1941 ini memang masih belum banyak diketahui. Bener-benar hidden gems!

Warung Mak Beng hanya menyediakan satu jenis menu saja. Dalam satu porsi menu akan ada nasi, ikan goreng, sup kepala ikan dengan bumbu kuning yang sangat khas Bali, da sambal khas Warung Mak Beng. Keunikan lain dari warung makan ini, menu yang ada menggunakan Ikan Jangki segar.

Ikan Jangki yang digunakan harus merupakan tangkapan nelayan hari itu. Tidak heran sih bila rasanya benar-benar segar, gurih, pedas, dengan sedikit sensasi asam.

Warung Liku

Kuliner Khas Bali

Alamat:

Jalan Nakula No.19A, Seminyak – Bali

Penasaran ingin mencoba ayam betutu dengan rasa khas, otentik Bali? Warung Liku wajib jadi tujuan.

Warung makan ini menyajikan beberapa menu berbeda. Meski begitu, ayam betutu jadi menu unggulan. Harganya juga sangat terjangkau sih. Untuk satu ekor ayam betutu saja hanya dihargai Rp 65,000 saja. Sedangkan untuk porsian nasi dan ayam betutu potong, harganya Rp 15,000. Murah banget kan?

Masakan dari Warung Liku terkenal dengan satu ciri khas: rasa yang pedas! Tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi penggemar pedas nih.

Warung Laota

Kuliner Khas Bali

Alamat:

Jl. Raya Kuta No.530, Tuban – Bali

Kuliner khas Bali memang tidak terlepas dari seafood. Nah bila ingin mencicipi seafood yang lain dari yang lain, Warung Laota jadi pilihan.

Warung satu ini buka selama 24 jam. Jadi bisa mampir kapan saja ketika lapar. Ada beberapa menu yang dapat dipilih, mulai dari belut, kodok, sapi cincang, bubur, dan tentunya seafood.

Meski banyak menu berbeda, menu seafood khas Bali dan juga bubur jadi menu andalan paling banyak dicari.

Harga untuk menu makanan di Warung Laota sebenarnya cukup mahal. Salah satunya karena memang berlokasi di Raya Kuta yang strategis. Untuk menu bubur dihargai Rp 30,000 per mangkuk.

Sate Plecing Arjuna

Alamat:

Jl. Arjuna No.47, Denpasar – Bali

Kuliner khas Bali lain yang belum banyak dilirik ada Sate Plecing Arjuna. Warung sate satu ini juga sebenarnya tidak asing lagi. Meski memang belum juga banyak dikenal luas.

Di Sate Plecing Arjuna ada ada beberapa menu yang bisa jadi pilihan. Ada soto, sate sapi dan sate babi. Menu sate babi menjadi yang paling favorit dari warung satu ini.

Rasa sate babi maupun sapi dari Sate Plecing Arjuna dominan dengan rasa manis dan gurih. Daging yang digunakan bertekstur empuk. Keunikan kombinasi rasa dari sate babi dan sapi menjadi semakin mantap dengan bumbu plecing pedas.

Harga menu di Sate Plecing Arjuna cukup terjangkau. Untuk 10 tusuk sate babi maupun sapi dibanderol dengan harga Rp 26,000. Wajib mampir ya bila berlibur ke Bali!

Babi Guling Pak Dobiel

Alamat:

Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.9, Benoa – Bali

Berlibur ke Bali pasti tidak akan lengkap tanpa mencoba babi guling. Di Bali sendiri ada banyak tempat makan babi guling yang sudah dikenal luas. Sehingga, tidak salah bukan bila mencoba tempat makan lain yang belum banyak dikunjungi?

Babi Guling Pak Dobiel menjadi salah satu yang paling wajib disinggahi. Warung makan ini menghadirkan rasa yang manis, gurih dan pedas. Selain itu kulit babi yang digunakan juga sangat renyah.

Untuk satu porsi yang dibanderol harga Rp 45,000 akan mendapatkan nasi, daging babi, kulit samcan, sate babi, paru, dan tentunya kulit babi krispi.

Wisata kuliner khas Bali memang menjadi satu agenda khusus yang wajib saat liburan. Terutama untuk mencicipi 6 hidangan yang belum banyak diketahui diatas ya!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *