Salah satu ciri khas dari Surabaya memang wisata kuliner! Wisata kuliner di Surabaya bahkan sudah menjadi sebuah destinasi tersendiri. Terutama dengan adanya sederet tempat makan legendaris di Kota Pahlawan ini.

Surabaya dikenal dengan salah satu kota dengan berbagai hidangan istimewa. Tak heran bila terdapat banyak tempat wisata legendaris yang semakin membuat ingin berlibur dan wisata kuliner di Surabaya. Tempat makan ini selain menghadirkan hidangan khas Surabaya, dengan rasa otentik. Beberapa juga sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Tempat Makan Legendaris yang Harus Dicoba Saat Wisata Kuliner di Surabaya

Wisata kuliner di Surabaya sepertinya tidak akan lengkap tanpa berkunjung di sederet tempat makan legendaris di bawah ini.

Bebek Goreng Tugu Pahlawan

Kuliner di Surabaya

Bebek goreng memang bukan hanya bisa ditemukan di Surabaya. Namun hidangan nasi bebek goreng dari warung makan satu ini dijamin membuat ingin terus kembali ke kota ini.

Bebek Goreng Tugu Pahlawan terletak di Jalan Tembaan No. 19A Bubutan. Pemilik dari warung sederhana ini juga berkali-kali memastikan tidak ada cabang lain dimanapun. Jadi jangan sampai salah pilih tempat makan nasi bebek ya!

Hidangan nasi bebek ala Bebek Goreng Tugu Pahlawan merupakan kombinasi nasi pulen hangat, sambal tomat yang pedas, bebek goreng dengan ukuran besar, serta serundeng kelapa. Rasanya? Harus dicicipi sendiri sih agar tahu kenikmatannya.

Tahu Telor Pak Jayen

Kuliner di Surabaya

Tahu telor merupaka makanan sederhana khas dari Surabaya. Menu ini sendiri sebenarnya mudah ditemukan dimana saja di kota ini. Mulai dari restauran sampai di pedagang makanan kaki lima. Meski begitu, Tahu Telor Pak Jayen menjadi tempat makan legendaris paling digemari yang menyajikan menu satu ini.

Tahu Telor Pak Jayen dibanderol dengan harga murah. Cukup Rp 14,000 saja untuk satu porsi lontong, tahu telur, kerupuk dan sambal kacang. Keistimewaan tahu telor ala Pak Jayen ada pada bumbu kacang. Rasa bumbu kacang yang unik dan berbeda dengan penjual tahu telor lain.

Kedai Tahu Telor Pak Jayen ada di Jalan Dharmahusada Mojo, Gubeg No. Wajib mampir saat wisata kuliner di Surabaya ya!

Wisata Kuliner di Surabaya: Tahu Campur Pak Kahar

Satu lagi menu sederhana dan khas yang mudah ditemukan dimana saja. Tahu campur. Seperti juga Tahu Telor Pak Jayen, Tahu Campur Pak Kahar menjadi yang paling digemari. Rasa tahu campur ini juga dianggap yang paling otentik. Khas dan tradisional ala Surabaya.

Tahu campur ini memiliki isian yang cukup lengkap dalam satu piring. Selain tahu, juga ada mie kuning, tetelan daging, dan sayur selada. Kuah yang digunakan berwarna kuning kental dan gurih dengan rasa kaldu. Ditambahkan juga sambal petis dan kerupuk sebagai pelengkap.

Tahu Campur Pak Kahar terletak di Jalan Embong Malang No. 78, Genteng. Tidak hanya dikunjungi wisatawan saja, tahu campur ini juga menjadi favorit warga Surabaya. Tak lain karena kelezatan dan cita rasa otentik yang dihadirkan.

Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap menjadi menu khas dari Wisata Kuliner di Surabaya berikutnya. Bila penasaran dengan hidangan tradisional satu ini, maka wajib mampir ke Lontong Balap Pak Gendut di Jalan Prof. Dr. Moestopo No.11.

Warung lontong balap ini sudah buka sejak tahun 1960-an. Para penikmatnya mengaku cita rasa lontong balap Pak Gendut tidak berubah walau sudah lebih dari 6 dekade.

Untuk menikmati cita rasa lontong balap, ada sate kerang yang bisa ditambahkan. Semakin lezat deh pastinya.

Sego Sambel Mak Yeye

Makanan khas dan legendaris Wisata Kuliner di Surabaya ini memang terbilang sederhana. Sego Sambel Mak Yeye contohnya. Menu yang dihadirkan warung makan di daerah Jagir, Wonokromo ini merupakan nasi dengan sambal. Pembeli bisa menambahkan lauk sesuai yang diinginkan. Ada tempe, tahu, ikan pe, sampai dadar telur.

Hidangannya sederhana. Hanya berupa nasi pulen hangat dengan sambal tomat yang sangat pedas. Sambal yang diberikan tentu saja melimpah. Walau menunya sederhana, Sego Sambel Mak Yeye selalu antri pembeli sejak buka. Rasa yang gurih dan pedas, serta murah membuat pembeli terus menerus kembali.

Bila ingin mencicipi cita rasa asli Surabaya, Sego Sambel Mak Yeye bisa jadi pilihan. Terutama untuk penggemar makanan pedas.

Sate Klopo Ondomohen

Tempat makan satu ini bisa dikatakan sangat legendaris. Sate Klopo Ondomohen berdiri sejak 70 tahun lalu dan sampai sekarang masih sangat digemari. Warung sate di pinggir jalan ini buka sejak pagi hari dan sebelum siang sudah tutup.

Ada dua pilihan sate kelapa yang bisa dipilih. Sate ayam atau sapi. Ukuran daging yang tebal dan bumbu kaya rasa menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu rasa gurih balutan kelapa pada daging sate menjadi sebuah cita rasa unik yang sulit dilupakan.

Untuk mencoba Sate Klopo Ondomohen saat wisata kuliner di Surabaya pastikan datang di pagi hari. Selain itu juga siap-siap antri panjang ya!

Wisata Kuliner di Surabaya: Rujak Cingur Achmad Jais

Rujak cingur menjadi makanan khas yang tidak terpisahkan dari Surabaya. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Kota Pahlawan ini tanpa mencoba rujak cingur.

Diantara sekian banyak penjual rujak cingur, Rujak Cingur Achmad Jais di Jalan Achmad Jais No. 40, Wonokromo sudah pasti menjadi tujuan pertama.

Keunggulan dari rujak cingur ini selain potongan daging yang besar. Juga bumbu rujak menggunakan kacang mete. Sehingga rasa yang dihasilkan benar-benar khas. Walau dibanderol dengan harga cukup mahal, Rp 45,000 untuk satu porsi. Penggemar Rujak Cingur Achmad Jais tetap rela antri berjam-jam.

Saat wisata kuliner di Surabaya kuliner di Surabaya, 7 tempat makan legendaris di atas pastinya wajib dikunjungi. Tempat makan legendaris di atas menghadirkan makanan khas dan tradisional Surabay dengan rasa otentik. Selain itu juga cita rasa unik yang tak terlupakan.

Jadi, kapan wisata kuliner di Surabaya?

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *