Sudah siap kembali liburan setelah pandemi? Meski pandemi belum sepenuhnya berakhir, sederet tempat wisata dan hotel di Bali sudah mulai beroperasi. Ini tentu saja berarti sudah bisa mulai berwisata dan liburan, dong!

Meski saat ini sederet hotel di Bali sudah mulai beroperasi aktif. Serta tempat wisata yang juga sudah mulai dibuka. Menjaga keamanan dan juga menjalankan protokol kesehatan masih sangat diharuskan. Terutama bila berwisata di Bali. Dimana akan ada banyak wisatawan dari berbagai negara berbeda. Sehingga potensi infeksi virus masih sangat tinggi.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan saat menginap di hotel di Bali, berikut ini beberapa tips yang bisa dijalankan.

Pastikan hotel terpercaya

Hotel di Bali

Mengapa pilihan hotel sangat penting untuk keamanan menginap selama pandemi? Pasalnya bukan tidak mungkin hotel justru kurang memperhatikan mengenai penerapan protokol kesehatan. Baik itu pada lingkungan, staf, hingga tamu yang menginap.

Untuk itu sebelum menginap, pastikan kembali mengenai reputasi hotel. Hotel dengan reputasi yang baik tentu saja akan semakin tinggi profesionalitas. Salah satunya dalam penerapan protokol kesehatan.

Ketika pandemi saat ini memang sangat tidak dianjurkan untuk menginap di hotel yang kurang terpercaya. Seperti motel dan lain-lain. Salah satunya tentu mengenai bagaimana protokol kesehatan yang diberlakukan di hotel tersebut.

Perhatikan kebersihan

Bila saat masuk ke dalam hotel sudah menunjukan lingkungan yang tidak bersih, bisa dipastikan protokol kesehatan juga tidak diperhatikan. Pasalnya untuk menjalankan protokol kesehatan, satu hal yang perlu ditekankan hotel adalah kebersihan.

Kebersihan tentu saja bukan hanya dari tampilan luar hotel saja. Melainkan juga untuk berbagai faktor lain yang justru sering tidak diperhatikan. Seperti debu yang menempel, atau justru tumpukan kotoran yang tidak dibersihkan.

Seyogyanya, hotel dengan reputasi bagus dan terpercaya pastinya mengutamakan kebersihan. Sehingga bila misalnya sudah terlihat hotel tersebut kurang menerapkan kebersihan, pertimbangkan kembali keputusan untuk menginap ya!

Cuci tangan

Hotel di Bali

Tips satu ini memang harus selalu dijalankan saat pandemi. Mencuci tangan juga menjadi satu hal penting dan harus dilakukan. Bukan hanya saat berada dan akan menginap di hotel di Bali saja.

Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum masuk ke dalam lingkungan hotel. Selain itu juga nantinya cuci tangan ketika masuk ke dalam ruangan kamar.

Sesuai protokol kesehatan, di lingkungan hotel juga seharusnya terdapat banyak tempat untuk mencuci tangan. Saat menginap pun, pastikan untuk selalu mencuci tangan setiap bersentuhan dengan benda. Maupun saat hendak masuk ke dalam ruangan.

Penting sekali diingat bahwa coronavirus dapat bertahan dan menempel di permukaan benda dalam waktu lama. Bahkan bisa sampai berjam-jam bila tidak dibersihkan. Jadi, wash your hands!

Usahakan tidak banyak menyentuh barang-barang hotel

Memang akan sulit sekali untuk tidak menyentuh barang-barang di hotel. Terutama untuk barang di kamar. Meski begitu usahakan untuk sesedikit mungkin bersentuhan dengan barang hotel yang sifatnya digunakan publik. Seperti permukaan meja resepsionis, tombol lift, atau pegangan tangga.

Benda-benda seperti ini yang sering kali bersentuhan dengan banyak orang. Serta bukan tidak mungkin lalai untuk dibersihkan. Jadi sebaiknya sebisa mungkin menghindari menyentuh barang-barang tersebut.

Bila pun harus menyentuh barang-barang publik di hotel, pastikan untuk selalu mencuci tangan. Selain itu juga bisa menggunakan hand sanitizer demi memastikan tangan selalu bersih.

Hindari kerumunan

Hotel di Bali memang akan memiliki protokol sendiri mengenai kerumunan. Salah satunya seperti tidak lagi menyediakan makan pagi bersama-sama. Tidak itu saja sebenarnya, hindari juga berada di kerumunan atau bersama tamu lain. Seperti misalnya di taman, atau di area cafe hotel.

Selalu pastikan untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan tamu lain. Ini juga berlaku dengan staf hotel. Demi keamanan bersama, pastikan untuk setidaknya berjarak sekitar 6 feet dengan tamu lain serta staf.

Menghindari kerumunan saat berada di hotel sebenarnya tidak akan terlalu sulit. Salah satunya seperti tidak menggunakan area kolam renang di hotel. Serta hindari area seperti gym, atau bahkan sauna.

Bawa sendiri perlengkapan pribadi

Nyaris semua hotel pasti akan menyediakan beberapa perlengkapan. Seperti untuk mandi. Baik itu handuk, bath robe, sampo, sabun, bahkan sampai sikat gigi. Namun di masa pandemi saat ini, sebaiknya menghindari menggunakan barang-barang perlengkapan dari hotel tersebut.

Saat memutuskan untuk berlibur dan menginap, persiapkan membawa sendiri perlengkapan pribadi. Mulai dari handuk sampai sandal kamar sebaiknya membawa sendiri. Termasuk dengan sabun, sampo, dan lain-lain.

Ini karena handuk yang ada di hotel biasanya tidak benar-benar baru. Melainkan handuk yang sudah dicuci. Sehingga memang akan ada potensi penyebaran virus dari perlengkapan ini.

Untuk amannya, bawa sendiri perlengkapan pribadi saat menginap di hotel.

Gunakan masker

Tentu saja yang terakhir: gunakan masker. Bahkan saat berada di hotel pun, pastikan untuk selalu menggunakan masker. Sudah jelas sekali bukan mengenai fungsi perlindungan masker dari coronavirus di kala pandemi seperti saat ini?

Selain tips di atas, saat menginap di hotel di Bali juga selalu perhatikan protokol kesehatan. Jangan ragu untuk bertanya pada staf mengenai protokol apa yang sebaiknya dijalankan ketika menginap di hotel.

Mematuhi protokol kesehatan bukan hanya menjaga keamanan diri sendiri kala pandemi. Meski sedang berlibur. Melainkan juga memastikan keamanan serta kesehatan orang sekitar.

Jadi, sudah tidak ragu untuk berlibur dan menginap kembali di hotel?

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *