Terdapat begitu banyak wisata pantai yang ada di Indonesia, salah satunya pantai Ngurtafur. Banyak orang yang datang ke pantai ini karena ingin melihat pantai yang unik banget dan menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia. Gimana gak indah, hamparan pasir putih yang terbentang luas, air laut yang jernih dan tidak adanya sampah yang berserakan pastinya membuat kamu berdecak kagum.

Jika kamu melihatnya dari ketinggian wisata pantai ini memang akan lebih indah. Karena pasir pantainya memiliki panjang sekitar 2 km yang berliku selayaknya ular. Jadi jika kamu sedang berjalan di atas pasir ini, kamu akan seperti merasa berjalan di atas lautan yang membentang luas. Di kanan dan kirimu hanya ada hamparan laut yang masih terjaga keindahan alaminya.

Saat mengunjungi pantai Ngurtafur, kamu akan melihat burung bangau dengan jumlah cukup banyak yang sedang beristirahat setelah lelah dari mencari makanan. Dan di saat-saat tertentu juga ada penyu belimbing yang ada di pantai ini. Untuk kamu yang menyukai snorkeling, jangan lupa melakukan aktivitas tersebut jika sedang mengunjungi pantai ini.

Dimana Lokasi Pantai Ngurtafur?

Sumber: Unsplash.com

Dimana sih lokasi dari wisata pantai cantik nan unik ini? Ternyata lokasinya ada di Pulau Warbal. Nah, Pulau Warbal ini letaknya ada di Bilangan Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara. Jika kamu berada di Kota Ambon, untuk ke pantai ini memang cukup jauh, karena perlu waktu sekitar 1,5 jam penerbangan menuju ke Maluku Tenggara.

Agar bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya, jangan sampai kamu mengunjungi pantai ini di waktu yang gak tepat. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini di bulan April – Mei dan bulan Oktober – Desember. Saat bulan-bulan tersebutlah kondisi cuaca pantai Ngurtafur sangat baik untuk melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling.

Rute Menuju Pantai Ngurtafur Dan Jam Buka

Untuk kamu yang berada di Jakarta, memang membutuhkan waktu yang cukup lama ya untuk sampai ke pantai Ngurtafur ini. Tapi tenang aja, perjuangan kamu tersebut akan dibayar lunas saat sampai ke pantai ini. Rasa capek dan lelah akan hilang begitu aja saat kamu melihat keindahan pantai secara langsung.

Saat di Jakarta, pilihlah penerbangan Jakarta – Ambon. Setelah sampai di Ambon, pengunjungi dapat berangkat dari Ambon dengan tujuan ke kota Tual baik melalui jalur udara ataupun darat. Lanjutkanlah perjalananmu menuju ke pelabuhan Debut, selama perjalanan kamu akan takjub dengan keindahan laut yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan kapal motor.

Berapa sih biaya sewa kapal motor? sebenarnya tergantung dari kesepakatan antara kamu dan si pemilik kapal. Harga bisa lebih murah jika kamu pintar-pintar menawar. Ya, proses tawar-menawar memang di ijinkan kok asalkan jangan menawar terlalu rendah ya bisa-bisa kamu tidak mendapatkan kapal motor.

Untuk menempuh perjalanan dengan waktu 2 jam, kamu perlu merogoh kantong setidaknya Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta untuk menyewa kapal seharian dengan kapasitas hingga 15 penumpang. Harga tersebut gak terlalu mahal mengingat kapasitas kapal hingga belasan orang jadi kamu bisa patungan deh sama teman-teman!

Karena perlu menempuh perjalanan yang cukup jauh dan agak ribet untuk ke pantai Ngurtafur, jangan heran kalau pantai ini sepi pengunjung. Tapi meskipun demikian, kamu bisa lebih puas menikmati keindahan pantai ini tanpa adanya keramaian orang. Kamu juga bisa bebas kapan saja ke pantai ini, karena di buka selama 24 jam/7 hari.

Tiket Gratis!

Kabar gembiranya, untuk masuk ke wisata pantai ini gratis lho! Yup, kamu gak dikenakan biaya apapun. Loket tiket masuk juga gak bisa kamu temukan di sini. Tapi ya memang sih biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju ke pantai Ngurtafur tidak murah. Untuk perkiraan biayanya, jika kamu datang dari Jakarta setidaknya perlu Rp 8 juta (diluar biaya penginapan, makan dan lain sebagainya). Jadi bisa kamu bayangkan kan kalau termasuk penginapan dan makan, berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan?

Membawa Makanan Sendiri

Sumber: Unsplash.com

Pantai ini memang masih sepi pengunjung jadi tidak ada yang berjualan makanan di pantai Ngurtafur. Maka dari itu, sebaiknya kamu membawa makanan sendiri atau memasak makanan dan membawanya saat ke pantai agar lebih murah dari pada membelinya. Kalau kamu ingin menginap, ada beberapa penginapan murah yang berada di dekat pantai per malamnya hanya sekitar Rp 150 ribu aja per orang!

Aktivitas Di Pantai Ngurtafur

Sumber: Unsplash.com

Saat mengunjungi pantai, gak asik kalau kamu ga melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pantai. Nah di pantai Ngurtafur ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti:

1. Berjemur

Rasakan hangatnya matahari pantai sambil menikmati angin yang sepoi-sepoi dan pemandangan yang indah. Hilangkan sejenak berbagai masalah yang ada dan buatlah tubuh juga pikiranmu rileks!

2. Berenang Dan Snorkeling

Karena masih sepi pengunjung, keindahan pantai Ngurtafur masih terjaga. Air laut yang jernih akan membuat siapa saja tergoda untuk menyeburkan diri dan menikmati keindahan taman bawah lautnya.

3. Memanggil Penyu Belimbing

Kamu bisa menemukan penyu belimbing disini. Penyu dengan ukuran jumbo yang beratnya hampir 1 ton ini bisa kamu lihat di saat-saat tertentu. Dan ada ritual khusus yang perlu dilakukan jika kamu ingin melihat penyu ini.

Selain 3 aktivitas tersebut, masih banyak yang bisa kamu lakukan di pantai Ngurtafur seperti hunting foto, membangun istana pasir dan lainnya. Jadi apakah pantai ini masuk ke dalam list tempat wisata yang ingin kamu kunjungi?

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *