Wisata ke Kelimutu merupakan sebuah wisata gunung di kabupaten Ende, Nusa Tengggara Timur. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639 mdpll. Dipuncak gunung ini kamu bisa menikmati keindahan danau tiga warna yang unik dan tidak akan kamu temui lagi di tempat lain.

Dari tahun 1915 sampai 2011, Taman Nasional Kelimutu mencatat perubahan warna danau sebanyak 44 kali. Terakhir saya kesana pada Januari 2020 lalu, ketiga danau ini masing-masing berwarna hijau muda, hijau keputih-putihan, dan pekat (nyaris hitam).

Persiapan Wisata ke Kelimutu

Tertarik untuk mengunjungi tempat cantik nan eksotik ini? Berikut hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum wisata ke Kelimutu:

1. Stamina Buat Wisata ke Kelimutu

Wisata ke Kelimutu
Sumber: Pixabay.com

Trek pendakian gunung kelimutu sebenarnya terbilang pendek. Namun untuk mencapai puncaknya, kamu harus mendaki ratusan anak tangga. Belum lagi ditambah angin dan udara dingin pegunungan dipagi hari yang cukup menusuk. Ini menuntutmu untuk memiliki stamina yang baik.

Dalam Taman Nasional Kelimutu, kamu akan menemukan 3 danau yang masing-masing memiliki warna berbeda dan selalu berubah warnanya. Danau terdekat jaraknya sekitar 625 meter dari tempat parkir.

Untuk mencapai puncak kelimutu kamu harus mendaki sejauh 1300 meter, menaiki undakan tangga yang rapi. Tidak sulit, tapi menguras energi. Dari puncak kelimutu, kamu akan bisa menyaksikan ke-3 danau yang ada di kawasan taman nasional ini.

2. Bangun Pagi

Wisata ke Kelimutu
Sumber: Pixabay.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ke Kelimutu adalah pagi hari, pada saat matahari terbit. Di waktu seperti ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan danau tiga warna kelimutu paling cantik. Pemandangan danau dihiasi matahari terbit.

Saat pagi hari, pemandangan danau juga belum tertutup awan. Kalau kamu datang terlalu siang, biasanya pemandangan kawah akan tertutup kabut. Oleh sebab itu kamu harus memulai pendakian di pagi hari, artinya bangun pagii..

Kalau kamu menginap di Ende, kamu harus bangun subuh, sebab jarak Ende ke Kelimutu sekitar 42 km. Perlu sekitar 1,5 hingga 2 jam menyusuri jalan kecil berliku-liku untuk sampai Taman Nasional Kelimutu.

Menginap di Moni merupakan pilihan lebih baik, sebab jarak dari kampung Moni ke Kelimutu hanya sekitar 13 Km. Ditempat ini banyak tersedia penginapan dan restoran dengan harga terjangkau. Jadi kamu tidak perlu kuatir.

Dari kampung Moni ke Kelimutu, kamu bisa trekking atau menggunakan ojek dengan tarif sekitar 100 ribu sekali jalan. Kalau bisa menggunakan kendaraan, kamu juga bisa menyewa motor dengan tarif sekitar 100 ribu per24 jam.

Nah jika kamu sudah selesai naik gunung dan masih ada waktu yang cukup lama, kamu bisa berkunjung ke:

Dua tempat tersebut bakal melengkap perjalanan wisata kamu.

3. Jaket Tebal Buat Wisata Ke Kelimutu

Sumber: Pixabay.com

Sebagaimana pegunungan pada umumnya, udara di Wisata ke Kelimutu juga cukup dingin menusuk. Selain itu, angin kencang yang juga dingin juga akan menerpa tubuhmu selama pendakian. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memakai jaket tebal. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu juga memakai syal, kupluk, serta sarung tangan.

Jaket tebal, syal, kupluk dan sarung tangan diperlukan untuk menjaga agar tubuh kamu tetap hangat. Jangan sampai kamu terkena hipotermia, hanya karna lupa membawa jaket tebal. Alih alih bersenang-senang, perjalanan wisatamu akan jadi sumber masalah jika hal ini terjadi.

Jadi pastikan kamu membawa perlengkapan yang cukup untuk menghangatkan badanmu ya..

4. Air Mineral

Sumber: Pixabay.com

Pendakian ke Kelimutu tentu saja akan menguras energimu. Agar tidak dehidrasi, kamu harus menjaga asupan mineral tubuhmu. Jadi sebaiknya kamu membawa air mineral selagi mendaki. kamu bisa menyiapkannya dari rumah atau penginapan.

Kalau kamu lupa, tidak perlu kuatir. Disekitar kawasan, termasuk dalam kawasan taman nasional kelimut, kamu bisa menemukan warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Bahkan di puncak kelimutupun kamu bisa menemukan penjaja makanan dan minuman asongan ini.

Selain air mineral, kamu juga bisa menikmati kopi khas Flores. Meski kamu bukan pecinta kopi, sebaiknya jangan lewatkan untuk mencoba kopi Flores. Apalagi kalau kamu pecinta kopi. Menikmati kopi di pagi hari di puncak Kelimutu tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk dikenang.

5. Tiket dan Transportasi

Wisata ke kelimutu
Sumber: Pixabay.com

Hal paling penting saat kamu berwisata termasuk ketika wisata ke Kelimutu adalah menyiapkan tiket dan transportasi untuk kesana. Kamu bisa menggunakan pesawat, bis, atau kapal laut untuk menuju kota Ende.

Sebelumnya sudah di sebutkan bahwa jika kamu menginap di Ende kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Kelimutu. Kamu bisa menyewa kendaraan untuk menempuh perjalanan dari Ende ke Kelimutu. Untuk mobil, tarif sewanya sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah. Sedangkan untuk motor, tarif sewanya berkisar 80 hingga 100 ribu rupiah.

Kalau kamu berencana ke kampung Moni, kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk opsi hematnya. Yaitu dengan menaiki Bis jurusan Ende – Maumere, kemudian turun di kampung Moni. Ongkos yang perlu kamu keluarkan hanya berkisar 20 samapi 30 ribu rupiah saja.

Tiket masuk Taman Nasional Kelimutu cukup murah, hanya 5.000 rupiah saja untuk wisatawan domestik. Untuk turis Asing dipatok harga sebesar 150.000 rupiah. Untuk parkir kendaraan hanya dikenai tarif 2.000 rupiah saja.

6. Kain Tenun Daerah

Sumber: Pixabay.com

Pada pertengahan jalur pendakian, kamu akan menemukan beberapa penjual kain tenun daerah. Kain tenun yang cantik ni sebaiknya kamu kenakan ketika mengunjungi kawah kelimutu. Terutanma ketika sedang diadakan upacara adat.

Untuk hari-hari biasa memang tidak diwajibkan, namun tidak ada salahnya membali kain-kain cantik ini sebagai souvenir. Dan tentunya akan cantik jika kamu berfoto dengan menggunakan kain tenun khas daerah ini di puncak Kelimutu dengan latar danau kelimutu yang juga cantik.

Itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum wisata ke Kelimutu. Semoga dengan begitu wisata kamu jadi wisata paling berkesan.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *