Agar dapat mencegah penyebaran virus corona covid-19, pemerintah akhirnya menutup beberapa tempat wisata termasuk juga wisata gunung. Namun setelah pandemi ini berakhir pastinya para pemandu gunung yang memang tergabung dalam APGI atau Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia bersiap untuk dapat membuka wisata gunung kembali. Jadi untuk kalian yang rindu hiking bisa banget nih hiking pasca pandemi ke gunung-gunung yang sudah di impikan.

Untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona covid-19 ini pastinya ada berbagai prosedur yang perlu dipatuhi oleh setiap pendaki mengingat penyebaran virus corona memang masih berlangsung. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa barang yang wajib di bawa saat hiking ditengah penyebaran virus corona yang masih berlangsung ini. Apa saja barangnya? yuk langsung aja kita simak

Tisu Kering dan Basah

Hiking Pasca Pandemi? Jangan Lupa Siapkan 5 Barang ini
Sumber: Unsplash.com

Salah satu benda yang paling praktis dan bisa dibawa kemana saja adalah tisu. Baik tisu kering atau basah, memiliki fungsinya masing-masing dan sangat wajib untuk kamu membawanya saat hiking karena bisa bantu mencegah penyebaran virus corona.

Manakah yang harus dibawa tisu kering atau basah? Sebaiknya kamu bawa keduanya ya. Karena tisu kering bisa membantu bersihkan benda-benda dengan tambahan antiseptik terlebih dahulu dan tisu basah akan sangat berguna untuk membersihkan tangan jika kamu lupa membawa hand sanitizer.

Tidak hanya itu, tisu basah juga sangat berguna untuk membersihkan peralatan makan yang kamu bawa agar terhindar dari berbagai bakteri dan tentunya virus corona. Jadi jangan lupa untuk membawa kedua jenis tisu ini ya!

Hand Sanitizer

Hiking Pasca Pandemi? Jangan Lupa Siapkan 5 Barang ini
Sumber: Unsplash.com

Saat virus corona mulai masuk ke Indonesia, salah satu barang yang memang banyak dibeli oleh masyarakat adalah hand sanitizer. Bukan tanpa alasan, hand sanitizer sangat berguna untuk membersihkan tangan kita. Dengan kandungan alkoholnya hand sanitizer dapat bantu membunuh kuman, virus dan juga bakteri.

Saat hiking pasca pandemi, tentunya hand sanitizer ini sangat wajib kamu bawa untuk membersihkan tangan setiap saat. Seperti yang kita ketahui, saat hiking memang tangan kita dalam keadaan kotor sehingga untuk menyantap makanan atau sekedar membasuh keringat, diperlukan tangan yang bersih.

Selain bisa membersihkan tangan, hand sanitizer juga ampuh membersihkan berbagai benda di sekitar kamu. Jika tangan terlihat kotor sebaiknya perlu juga membasuhnya dengan air, setelah itu gunakan hand sanitizer. Karena kandungan alkoholnya yang cukup tinggi, ada beberapa orang dengan kulit sensitif yang merasa kulitnya iritasi setelah menggunakan hand sanitizer, ini bisa diakali dengan mengganti hand sanitizer menggunakan air yang mengalir atau tisu basah.

Hiking Pasca Pandemi Menggunakan Masker

Hiking Pasca Pandemi? Jangan Lupa Siapkan 5 Barang ini
Sumber: Unsplash.com

Selain hand sanitizer, masker juga sempat mengalami kelangkaan. Bahkan sekalinya ada yang menjual masker, dipatok dengan harga yang sangat tinggi. Maka dari itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker kain. Tapi saat hiking pasca pandemi sebaiknya gunakan masker sekali pakai atau kain? Sebenarnya untuk mengurangi limbah, masker kain bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tapi jika hiking, sebaiknya gunakan masker sekali pakai, mengingat terkadang masker kain ada yang terlalu tebal sehingga sedikit membuat nafas sesak. Hindari masker sekali pakai selama seharian penuh, karena bakteri dan virus bisa saja menempel dengan waktu yang lama. Bawalah masker sekali pakai setidaknya 5 pcs atau lebih untuk cadangan.

Hiking Pasca Pandemi dengan Membawa Perlengkapan Makan Sendiri

Hiking Pasca Pandemi? Jangan Lupa Siapkan 5 Barang ini
Sumber: Unsplash.com

Sebelum adanya pandemi virus corona, mungkin perlengkapan makan yang kamu bawa bisa bergantian dengan anggota lainnya. Tapi karena saat ini pandemi masih berlangsung, sebaiknya hindari berbagi perlengkapan makan dengan orang lain sekalipun teman kelompokmu sendiri.

Perlengkapan makan yang harus kamu bawa seperti piring, sendok, garpu dan gelas memang sangat wajib kamu bawa. Sebelum menggunakannya, sebaiknya basuh terlebih dahulu dengan air atau tisu basah untuk mengurangi virus atau bakteri yang menempel.

Agar lebih praktis, sekarang ini sudah banyak yang menjual perlengkapan makan satu paket dengan wadah penyimpanannya jadi bisa kamu gunakan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot-repot memikirkan ingin menaruhnya dimana.

Obat-Obatan

Sumber: Unsplash.com

Memang sih bukan hanya saat pandemi saja obat-obatan penting. Tapi saat pandemi seperti inipun obat yang perlu dibawa bukan hanya itu-itu saja. Karena tentunya ada berbagai obat lain yang perlu kamu bawa, seperti vitamin yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Dan yang pasti, kamu harus memastikan saat hiking tubuh benar-benar dalam kondisi prima. Karena jika kamu sedang sakit, berbagai virus dan penyakit bisa lebih mudah masuk ke dalam tubuhmu.

Pakaian Ganti

Sumber: Unsplash.com

Untuk mengurangi beban yang berat saat hiking, biasanya pakaian ganti seperti jaket, celana ataupun baju dikurangi. Tapi sekarang, cobalah untuk membawa pakaian ganti yang sedikit lebih banyak dari biasanya. Meskipun barang bawaan menjadi lebih berat, tapi ini akan sangat membantu mengurangi penyebaran virus.

Seperti yang kita ketahui, kebersihan memang menjadi salah satu faktor utama agar virus corona tidak menyebar. Maka dari itu, lebih baik menambah beban bawaan dibandingan dengan menggunakan pakaian yang kotor bukan?

Memang sedikit lebih merepotkan ya dibandingkan dengan perlengkapan yang dibawa sebelum adanya pandemi. Tapi ini semua dilakukan untuk kebaikan kamu dan orang-orang sekitar. Dengan membawa barang-barang diatas, kamu membantu dalam mencegah penyebaran virus corona. Semoga informasi dari rekreasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *