Wabah virus corona covid-19 menyerang dunia dari beberapa bulan yang lalu dan hingga saat ini. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona, seperti mengharuskan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya di rumah saja dan menutup hampir semua tempat wisata, tidak terkecuali wisata gunung. Sekarang ini sudah ada beberapa wisata gunung yang dibuka dan pastinya ada prosedur hiking yang perlu dipatuhi.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya juga terdapat berbagai prosedur dan ketika adanya pandemi virus corona berbagai prosedur pun juga ikut ditambahkan. Apa saja ya prosedurnya? yuk langsung aja kita simak.

1. Menggunakan Masker

Ingin Hiking? Ketahui Prosedur Hiking Terbaru Pasca Pandemi
Sumber: Unsplash.com

Dengan menggunakan masker, maka kamu sudah ikut membantu mengurangi penyebaran virus corona. Beberapa bulan yang lalu memang harga masker sempat meningkat drastis, tapi sekarang kamu bisa mendapatkannya dengan harga normal jadi bisa membawa cukup banyak masker saat hiking.

Masker apa yang baik digunakan saat hiking? Sebenarnya baik masker kain ataupun masker sekali pakai sama-sama baik, tapi untuk hiking kamu bisa memilih masker sekali pakai. Karena biasanya masker kain memiliki bahan yang cukup tebal sehingga bisa mengganggu pernapasan.

Sebaiknya bawalah masker yang cukup banyak, karena agar tidak terkontaminasi bakteri dan virus, masker perlu diganti setiap beberapa jam sekali atau saat kotor. Setidaknya kamu perlu membawa minimal 5 masker ya.

2. Prosedur Hiking Pasca Pandemi dengan Membawa Hand Sanitizer

Ingin Hiking? Ketahui Prosedur Hiking Terbaru Pasca Pandemi
Sumber: Unsplash.com

Prosedur hiking yang selanjutnya adalah dengan membawa hand sanitizer. Ya, hand sanitizer memang barang yang kecil tapi segudang manfaatnya lho! Tangan yang kotor memang sumber penyakit dan virus, maka dari itu membutuhkan hand sanitizer agar bisa membersihkan tangan kamu dengan praktis.

Mengandung alkohol yang cukup tinggi sehingga untuk sebagian orang jika menggunakan hand sanitizer terlalu sering akan membuat kulit iritasi. Sebenarnya kamu hanya perlu menggunakan hand sanitizer saat merasa tangan kotor, ingin memegang wajah atau mengonsumsi makanan. Untuk tangan yang terlihat berlumpur, tentu hand sanitizer saja tidak cukup maka dari itu kamu perlu membasuh tangan terlebih dahulu dengan air lalu menggunakan hand sanitizer ini.

3. Mengecek Kondisi Kesehatan Lebih Ketat

Sumber: Unsplash.com

Modal utama untuk hiking bukanlah peralatan yang bagus dan lengkap, tapi kondisi fisik yang terpenting. Buat apa peralatan lengkap tapi kondisi fisik sedang tidak prima? Sama saja mengantarkan dirimu dalam bahaya. Selain itu untuk hiking pasca pandemi juga kamu perlu mengecek kondisi tubuh lebih ketat lagi.

Karena dengan tubuh yang sehat, pastinya tidak mudah untuk virus ataupun penyakit menyerang tubuhmu. Jika kamu merasa sedikit saja merasa tidak enak badan sebaiknya menunda untuk hiking ya. Perlu di ingat bahwa kesehatanmu lebih penting. Jika diperlukan kamu harus melakukan swab test.

4. Menjaga Jarak

Sumber: Unsplash.com

Menjaga jarak bukan hanya perlu kamu lakukan saat di kantor atau tempat lain yang ramai, karena saat hiking juga kamu perlu menerapkan jaga jarak setidaknya 1 meter. Karena kita tidak pernah tau bakteri dan virus apa saja yang ada di orang-orang terdekat, dan siapa tau saja kan kalau kamu juga terpapar virus atau bakteri sehingga menjaga jarak menjadi prosedur yang harus kamu ikuti.

Menjaga jarak juga bukan hanya dilakukan saat pendakian, karena saat di dalam tenda pun kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang yang berada di satu tenda denganmu juga. Jika tenda berkapasitas 4 orang, sebaiknya gunakan hanya untuk 2 orang saja. Dan jangan lupa untuk memberikan jarak pada tenda yang satu dengan tenda yang lainnya.

Prosedur Hiking yang Bisa Kamu Siapkan Selama di Rumah

Selain dengan melakukan prosedur saat hiking seperti diatas, kamu juga perlu mengikuti beberapa prosedurnya yang bisa dilakukan selama di rumah. Sebenarnya prosedur yang bisa disiapkan di rumah ini lebih ke arah persiapan yang baik dan benar jika ingin melakukan hiking.

1. Menjaga Kondisi Fisik Selama di Rumah

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya kamu perlu menjaga kondisi tubuh selama di rumah. Seperti yang diketahui bahwa menjaga kondisi fisik memang akan sangat membantu dalam kelancaran pendakian nantinya. Untuk menjaga kondisi fisik, kamu tidak perlu melakukan latihan berat atau mengonsumsi makanan organik yang harganya cukup mahal, karena dengan rutin melakukan olahraga ringan dan mengonsumsi air putih yang cukup, sudah bisa membantu kamu dalam mendapatkan fisik yang baik.

Lakukanlah olahraga ringan setidaknya 3 kali dalam seminggu selama 30 menit dan konsumsi makanan 4 sehat dan 5 sempurna agar membantu menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

2. Sering-Sering Membaca Tentang Ilmu Pendakian

Untuk kamu yang masih baru dalam mendaki, sebaiknya perbanyaklah informasi mengenai cara hiking yang baik dan benar. Pelajari setiap gunung yang nantinya akan kamu daki. Pelajari tentang track, lama perjalanan mulai dari kaki gunung hingga sampai ke puncak dan juga bahaya apa saja yang bisa saja muncul di gunung tersebut.

3. Mempersiapkan Peralatan Hiking

Selain menjaga kondisi fisik agar tetap prima, peralatan hiking yang lengkap juga harus kamu persiapkan agar hiking lebih terasa nyaman. Peralatan dasar yang harus kamu miliki seperti trekking pole, kompas, peralatan masak, peralatan tidur dan lain sebagainya. Tidak perlu kamu membeli semua peralatan tersebut, karena sekarang bisa dengan mudah kamu menemukan tempat yang menyewa peralatan hiking.

Itulah beberapa prosedur dan juga persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan saat ingin hiking yang bisa kamu ikuti agar hiking bisa berjalan aman dan nyaman.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *