Dibandingkan dengan sederet atraksi wisata di Bali, Pantai Lovina memang masih jarang dilirik. Meski ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bila ingin berlibur di tempat wisata yang anti mainstream.

Pantai yang terletak di ujung Utara pulau Bali ini menawarkan keindahan yang sulit ditemukan di tempat lain. Salah satunya, keindahan matahari terbit yang bisa dinikmati sembari bermain-main dengan lumba-lumba!

Atraksi permainan lumba-lumba yang disaksikan langsung di tengah laut memang menjadi daya pikat utama di pantai satu ini. Wisatawan bisa secara langsung menyaksikan tingkah menggemaskan hewan dengan kecerdasan tertinggi tersebut di habitat mereka.

Lebih seru lagi karena atraksi menyaksikan lumba-lumba ini dilakukan di kala fajar. Tepat saat menyambut datangnya matahari terbit.

Perjalanan menuju Pantai Lovina

Untuk menuju ke Pantai Lovina terdapat beberapa pilihan rute berbeda. Lokasi pantai ini sendiri tepatnya berada di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Bila datang ke Bali menggunakan pesawat, maka rute perjalanan dari bandara Ngurah Rai ke Lovina akan memakan waktu tempuh 2 jam. Jarak perjalanan kurang lebih 92 KM.

Sedangkan bila datang menggunakan transportasi laut dari pelabuhan Gilimanuk. Maka jarak ke Lovina sekitar 78 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit.

Rute dari Pelabuhan Gilimanuk ke Lovina juga sebenarnya mudah. Arahkan perjalanan ke Jl. Raya Denpasar, yang dari pelabuhan Gilimanuk berjarak sekitar 2,7 KM. Kemudian menuju arah Singaraja yang berjarak sejauh 75 KM.

Dari ini perjalanan diteruskan ke Jalan Binaria hingga sampai di Pantai Lovina.

Sudah terdapat banyak pilihan transportasi berbeda untuk menuju ke Lovina. Pilihan terbaik memang menggunakan tour guide bila berasal dari luar pulau Bali. Untuk transportasi yang digunakan bisa menggunakan mobil maupun motor.

Harga tiket masuk Pantai Lovina

Pantai lovina

Tidak perlu membeli tiket untuk bisa masuk ke Pantai Lovina. Cukup bayar biaya parkir bila menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir sendiri antara Rp 5,000 sampai Rp 10,000. Sangat terjangkau sekali bukan?

Sedangkan untuk bisa menikmati atraksi lumba-lumba akan dibutuhkan biaya tersendiri.

Atraksi lumba-lumba menjadi sajian wisata utama di Pulau Lovina. Biaya tiket untuk bisa melihat lumba-lumba antara Rp 150,000 sampai Rp 200,000. Harga tiket tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas yang diberikan untuk menonton lumba-lumba antara lain perahu dan pengemudi, beserta life jacket dan juga pelampung. Biasanya harga tiket yang diberikan sudah termasuk sarapan karena menonton lumba-lumba memang sebaiknya di pagi hari.

Beberapa kapal yang menyediakan tontotan atraksi lumba-lumba bahkan mematok harga hanya sekitar Rp 100,000 saja per orang. Untuk harpa tersebut seringnya tidak diberikan sarapan.

Cantiknya atraksi lumba-lumba

Pantai lovina

Menonton atraksi lumba-lumba di Lovina dianjurkan dimulai pukul 5 pagi. Sebelum waktu tersebut, para wisatawan akan dikumpulkan lebih dulu untuk briefing. Beberapa larangan juga diberikan ketika briefing ini. Seperti tidak boleh mengganggu lumba-lumba, yang memang dilindungi resmi oleh Pemerintah. Selain itu juga aturan tidak membuang sampah di laut.

Setelah briefing, wisawatan akan diarahkan untuk naik ke masing-masing kapal yang sudah disewa. Kapal lantas berlayar nyaris bersamaan menuju ke sisi tengah samudera.

Pantai Lovina tepat berada di tepi Samudera Hindia, di ujung utara Pulau Bali. Saat berlayar menggunakan kapal menuju ke tengah laut, dapat menyaksikan keindahan samudera di kala fajar. Beberapa saat sebelum matahari terbit.

Perjalanan dengan kapal ke tengah laut tidak terlalu lama. Beberapa saat saja sudah bisa mulai disaksikan lumba-lumba yang asyik bercengkrama dan saling melompat. Keindahan dan keseruan atraksi lumba-lumba ini akan semakin memukau ketika matahari mulai terbit. Keceriaan lumba-lumba seakan menyambut datangnya hari baru.

Wisatawan memang dianjurkan untuk tidak meyentuh maupun mengganggu lumba-lumba. Meski begitu tentu saja boleh mengambil foto sembari menikmati lumba-lumba yang seolah bermanja-manja.

Keindahan serta keseruan yang disajikan Pantai Lovina dengan atraksi lumba-lumba kala fajar ini memang tidak bisa ditemukan di tempat wisata lain.

Menikmati keindahan terumbu karang dengan snorkeling

Setelah puas melihat atraksi lumba-lumba, bisa melanjutkan dengan kegiatan lain. Pengemudi kapal atau tour guide biasanya akan menawarkan untuk sekaligus mencoba snorkeling.

Tentu saja kesempatan dengan tawaran ini tidak boleh ditolak! Kapan lagi bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut dengan lumba-lumba yang asyik bermain di selitaran?

Harga yang ditambahkan untuk snorkeling juga terbilang terjangkau. Terutama sekaligus diberikan fasilitas meminjam alat-alat snorkeling seperti kacamata dan sepatu. Harga yang dibebankan biasanya sekitar Rp 60,000 sampai Rp 100,000.

Snorkeling di Lovina tentu saja tidak kalah seru. Keindahan alam bawah laut dihiasi dengan cantiknya terumbu karang. Serta ikan berwarna-warni yang berenang di sekitar. Bila memilih spot snorkeling yang tepat, bahkan tidak mungkin melihat lumba-lumba berenang secara dekat di bawah laut.

Keindahan alam bawah laut Pantai Lovina memang masih tidak terjamah manusia. Menjadikan deretan terumbu karang di tengah laut terlihat begitu indah dan asri.

Selain itu air laut di Lovina juga sangat jernih. Bila tidak ingin snorkeling pun tetap akan bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang dan ikan hias lucu dari atas kapal.

Memancing langsung di tengah laut

Pantai lovina

Keseruan di Lovina tidak berhenti di situ. Untuk yang memiliki hobi memancing, Lovina akan menjadi surga tersendiri. Kapal nelayan tradisional bisa disewa dengan harga sangat murah untuk menikmati sensai memancing di laut luas.

Wisata di Pantai Lovina menghadirkan pengalaman baru dan berbeda. Mulai dari menikmati atraksi lumba-lumba kala matahari terbit sampai memancing di kapal nelayan tradisional. Yuk, berwisata dan menikmati keindahan Lovina!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *