Siapa sih orang yang gak suka liburan? Hmm, sepertinya tidak ada ya karena liburan menjadi salah satu momen yang paling di tunggu oleh semua orang. Dengan adanya liburan, pastinya pikiran yang mumet karena pekerjaan menumpuk bisa fresh kembali. Tidak hanya itu, orang-orang juga akan memanfaatkan liburan untuk pergi ke berbagai tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Saat ingin liburan salah satu yang membuat bingung adalah menentukan liburan ala backpacker atau ikut agen travel.

Tentunya dari kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Selain itu juga ada perbedaan yang sangat mencolok dari kedua pilihan tersebut. Misalnya saja backpacker lebih menghemat uang dan ikut agen travel tentunya membuat kamu mengeluarkan uang lebih banyak. Agar bisa menentukan pilihan yang terbaik, mari kita lihat ulasan yang berikut ini.

Backpacker

Liburan Ala Backpacker Atau Ikut Agen Travel, Mana Yang Kamu Pilih?
Sumber: Unsplash.com

Liburan ala backpacker seperti ini memang sedang naik daun. Apalagi untuk anak-anak muda yang sedang merencanakan untuk liburan baik low season atau high season nih. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan backpacker? Sesuai dengan namanya, backpacker merupakan liburan yang menerapkan teknik menggunakan tas ransel (backpack) atau bisa juga disebut dengan tas punggung dan memegang teguh pada kebebasan saat berlibur.

Barang-barang yang ada di tas ransel juga tidak banyak, biasanya hanya ada beberapa pakaian dan berbagai barang yang dianggap penting seperti dompet, kunci, obat-obatan dan lain sebagainya. Beda dengan liburan menggunakan agen travel yang biasanya membawa berbagai barang dengan jumlah banyak. Ini disebabkan karena saat backpacker kamu hanya membawa tas punggung sehingga barang bawaan harus seminimal mungkin agar tidak merepotkan saat membawanya.

Kelebihan Dan Kekurangan Liburan Ala Backpacker

Sumber: Unsplash.com

Liburan ala backpacker pastinya sangat cocok untuk kamu yang menyukai kebebasan, memiliki jiwa petualang yang tinggi, tidak suka atau tidak ingin dibatasi dengan aturan yang ada dan orang lain. Tapi apa saja ya kelebihan dan kekurangan dari backpacker?

  • Eksplor Tempat Tersembunyi

Liburan ala backpacker biasanya mengharuskan kamu untuk berjalan kaki ke tempat-tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh. Saat berjalan kaki kamu akan menemukan berbagai tempat tersembunyi yang mengagumkan, bisa bersosialisasi dengan warga setempat dan bahkan mengunjungi rumah-rumah warga. Tentunya hal ini belum tentu bisa kamu lakukan jika memilih liburan dengan ikut agen travel.

  • Memperluas Koneksi

Dengan backpacker secara tidak langsung akan membuat kamu lebih mengenal banyak orang, mengetahui lebih banyak adat dan budaya setempat, mengenal lebih banyak karakter orang lain dan sebagainya. Berbagai informasi akan kamu dapatkan dengan backpacker-an. Inilah yang bisa membuat koneksimu menjadi lebih luas karena akan lebih banyak orang yang kamu kenal.

  • Lebih Murah

Salah satu tujuan seseorang untuk liburan ala backpacker adalah budget yang dikeluarkan lebih hemat. Pikiranmu tentang liburan harus mengeluarkan uang banyak akan terbantahkan dengan backpacker ini. Kamu bisa makan di kaki lima atau warung-warung makan yang murah kapan saja dan dimana saja, bermalam di penginapan ataupun menumpang di tempat kenalan, bahkan membeli tiket transportasi umum dengan harga diskon.

  • Tersesat

Peluangmu untuk tersesat menjadi lebih besar jika tidak didampingi oleh penduduk lokal atau teman yang memang sudah pernah ke tempat tersebut.

  • Oknum Nakal

Sebelum berlibur, pastikan kamu menggali informasi sebanyak mungkin mengenai tempat yang ingin dituju agar terhindar dari oknum nakal. Biasanya oknum nakal ini merupakan penduduk setempat yang bisa saja mematok harga mahal untuk wisatawan, memberikan informasi jalan yang salah dan lain sebagainya.

Agen Travel

Sumber: Unsplash.com

Sekarang ini kamu bisa dengan mudah lho menemukan agen travel yang menyediakan berbagai paket perjalanan dengan harga yang menarik untuk mengantarkan kamu ke tempat wisata tujuan dengan waktu yang bervariasi. Meskipun kamu hanya ingin liburan selama 1 hari, tetap bisa dilakukan, tanpa harus repot-repot menyiapkannya sendiri.

Kelebihan Dan Kekurangan Liburan Dengan Agen Travel

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan agen travel untuk liburan. Tapi disamping ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu harus merogoh kantong lebih dalam lagi, karena memang butuh dana yang bisa saja dua kali lipat atau lebih dari memilih liburan ala backpacker. Ini dia kelebihan dan kekurangan agen travel.

  • Mendapat Pelayanan Yang Baik

Jika menggunakan agen travel, pastinya kamu akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan backpacker yang lebih merepotkan dan kamu harus mengurus segala sesuatunya sendiri.

  • Mendapat Banyak Relasi

Relasi yang baru dengan jumlah yang cukup banyak akan kamu dapatkan, karena orang-orang yang menggunakan travel agent ini memang umumnya secara berkelompok. Dengan berkelompok tentunya harga yang ditawarkan juga akan lebih murah pastinya.

  • Perjalanan Terasa Lebih Nyaman

Perjalanan akan terasa lebih nyaman dan aman karena intinerary sudah tertata dengan baik. Selain itu kamu juga bisa terhindari dari tersesat.

  • Tidak Bebas

Kamu tidak bisa bebas menyusuri tempat-tempat yang tersembunyi selama perjalanan, jadi akan membuat kamu sedikit merasa “terkekang”. Perjalanan juga akan terasa lebih membosankan. Kamu juga harus mengikuti jadwal yang sudah dibuat oleh agen travel.

Baik backpacker atau memilih agen travel pastinya punya kekurangan dan kelebihannya seperti yang sudah dijelaskan diatas ya. Tergantung kamu ingin memilih yang mana, jika ingin hemat dan bebas bisa memilih liburan ala backpacker, tapi kalau kamu ingin suasana perjalanan lebih nyaman dan mendapat pelayanan yang baik agen travel bisa menjadi pilihan yang tepat.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *