Setelah sibuk bekerja dan pikiran penat dengan berbagai aktivitas yang menyita waktumu, kini saatnya memikirkan waktu untuk liburan. Tapi gimana mau liburan, budget yang ada pas-pasan dan belum gajian pula! Eits tenang aja, sekarang udah banyak banget kok tips liburan hemat yang bisa kamu terapkan.

Nah, jika kamu sedang berada di Jakarta tapi bingung ingin liburan hemat kemana, coba deh liburan di Bandung. Yap, Bandung menawarkan berjuta pesona dan beragam keunikan yang pasti akan membuat kamu berdecak kagum. Untuk liburan ke Bandung juga gak terlalu mahal kok asalkan kamu menerapkan beberapa tips yang akan menghemat pengeluaranmu. Bahkan hanya dengan Rp 500 ribu aja, kamu udah bisa liburan hemat dan asik di Bandung. Seperti apa ya caranya? yuk ketahui disini!

Merencanakannya Dengan Matang

liburan hemat dan asik di bandung cuma 500 ribu!
Sumber: Unsplash.com

Pernahkah kamu sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari tapi saat tiba waktunya malah gak jadi? Dan akhirnya yang jadi malah liburan yang direncanakan dadakan? Memang sih asik banget jika merencanakan liburan secara dadakan ke tempat mana saja yang kamu inginkan. Tapi sayangnya jika kamu menerapkan cara seperti itu, bukannya liburan hemat tapi malah liburan yang memboroskan uang!

Selain itu liburan dadakan juga akan membutuhkan waktu yang tidak terduga bahkan kamu tidak bisa menikmati liburan. Tapi jika kamu hanya punya budget Rp 500 ribu, maka perlu merencanakan liburan tersebut dengan matang. Gak perlu terlalu rinci untuk merencanakannya, ya setidaknya beberapa hal yang perlu kamu rencanakan seperti destinasi wisata apa yang ingin dikunjungi, penginapan dan berapa lama kamu akan berlibur. Dan salah satu yang terpenting, pastinya gak boleh kamu lupa yaitu menggunakan transportasi apa. Karena jenis transportasi yang digunakan akan sangat mempengaruhi budget liburan hemat kamu.

Liburan Hemat Dengan Memilih Transportasi Yang Tepat

Ada berbagai transportasi yang bisa kamu pilih untuk sampai ke Bandung seperti menggunakan bus, kendaraan pribadi, kereta api dan bahkan pesawat terbang. Tentunya pemilihan transportasi tergantung dengan budget yang kamu sediakan. Jika kamu hanya memiliki budget Rp 500 ribu, sebaiknya jangan memilih pesawat terbang ya karena akan sangat menguras kantong kamu.

Lalu transportasi apa yang sebaiknya kamu gunakan? Cobalah kereta api kelas ekonomi, karena hanya dengan Rp 100 ribu rupiah dari stasiun Gambir kamu sudah bisa sampai tempat tujuan dan liburan hemat di Bandung. Sedangkan untuk tiket pulangnya, biayanya tetap sama kok yaitu sekitar Rp 100 ribuan aja. Dengan budget sebesar Rp 500 ribu, berarti masih ada sisa Rp 300 ribu yang bisa kamu gunakan untuk penginapan dan juga jalan-jalan.

Biaya tersebut masih terlalu besar untukmu? Coba deh minta tumpangan alias nebeng sama teman kamu yang punya tujuan ke Bandung juga. Nebeng ini sangat membantu kamu deh dalam menghemat budget, jadi uang Rp 100 ribu yang tadinya untuk berangkat ke Bandung, bisa kamu save untuk berbagai keperluan lainnya. Dan cobalah untuk menghubungi beberapa temanmu yang ada di Bandung, siapa tahu kan ingin ke Jakarta jadi kamu bisa pulang dengan nebeng mereka.

Tempat Penginapan Murah

Sumber: Unsplash.com

Gak lengkap kan rasanya kalau liburan di Bandung tanpa menginap? Nah, dengan sisa uang sekitar Rp 300 ribu, kamu bisa kok menginap di penginapan yang murah tapi tetap nyaman satu malam. Kenapa hanya satu malam? Jika kamu menginap lebih dari satu malam, bisa-bisa budget yang perlu kamu keluarkan bisa membengkak. Belum lagi untuk keperluan tiket kereta api, makan dan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin menginap di hotel tentu biayanya cukup mahal. Maka dari itu, cobalah untuk mencari kos-kosan yang bisa kamu sewa semalaman. Kos-kosan ini bisa dengan mudah kamu temui di Bandung. Harga yang murah bukan berarti murahan, karena tempatnya cukup nyaman dan ada kamar mandinya juga. Untuk harganya kisaran Rp 85 ribu sampai Rp 150 ribu aja, harganya tergantung dari kelengkapan fasilitas. Tapi kalau kamu mau capek cari kos-kosan yang lebih murah lagi, bisa aja kamu dapat yang per malamnya hanya Rp 25 ribuan!

Ingin yang lebih murah lagi? Nebeng solusinya! Yap, untuk menginap sekitar satu atau dua hari aja gapapa dong di rumah kerabat terdekat. Selain hemat, kamu juga bisa menginap dengan nyaman dan aman bukan?

Liburan Hemat Dengan Cari Makanan Murah

Gak mungkin kan liburan di Bandung tanpa mencicipi makanan khas-nya? Seperti yang kita ketahui, makanan khas Bandung memang merakyat banget deh. Kamu bisa menemukan makanan dimana saja dan kapan saja karena Bandung itu surganya kuliner. Tentunya jika ingin menghemat uang, kamu perlu menghindari makan di restoran ya. Karena kuliner kaki lima juga rasanya enak-enak banget dan murah lagi.

Jangan berpikir makanan kaki lima di Bandung hanya sebatas jajanan kecil atau berbagai makanan yang bisa kamu temukan di kaki lima Jakarta. Karena ada berbagai makanan ala restoran yang bisa kamu temukan di kaki lima Bandung, misalnya ramen dan makanan kekinian lainnya.

Destinasi Wisata

Sumber: Unsplash.com

Ada banyak banget spot oke untuk mengisi liburan di Bandung. Karena Bandung gak hanya terkenal dengan mall-mall, pusat perbelanjaan ataupun tempat wisata yang merogoh kantong dalam-dalam, karena tempat wisata seperti museum, alun-alun dan lain sebagainya. Untuk biaya masuk museumnya sendiri gak lebih dari Rp 10 ribu aja.

Jika pulang-pergi dan juga menginap dengan menebeng, dijamin deh budget masih tersisa cukup banyak. Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa liburan asik dan hemat di Bandung hanya dengan Rp 500 ribu aja!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *