Berlibur ke luar negeri memang impian banyak orang, sayangnya biaya dan syarat yang dibutuhkan sering kali mahal serta sulit. Tapi, rupanya sekarang ada pilihan liburan murah ke luar negeri tanpa visa. Bahkan untuk menghemat biaya sebaiknya cobalah liburan ke luar negeri ala backpacker, daripada memutuskan untuk menggunakan jasa tour dan travel. Nah supaya hal ini dapat terwujud ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Mau tahu caranya nih? Yuk, simak informasi di bawah ini.

Liburan Murah Ke Luar Negeri Tanpa Visa

Berlibur ke luar negeri biasanya ada banyak syarat yang diperlukan. Salah satunya yaitu menggunakan paspor serta visa. Mengurus visa untuk mengunjungi negara tertentu bisa jadi cukup sulit administrasinya. Sehingga banyak  yang akhirnya enggan dan batal berwisata ke luar negeri. Nah, rupanya sekarang ada banyak pilihan negara yang tidak memerlukan visa. Contohnya saja negara di kawasan Asia Tenggara. Kita bebas berlalu lalang ke negara-negara tersebut tanpa harus mengurus syarat berupa visa terlebih dahulu.

Jadi, jika memang ingin berlibur dengan mudah ke luar negeri, cobalah untuk mencari mana saja daftar negara yang bisa dikunjungi tanpa visa. Selain negara di kawasan Asia Tenggara, beberapa negara lain ada juga yang sudah menerapkan masuk tanpa visa. Sebagian menerapkan visa on arrival, artinya tinggal mengurus visa saat kedatangan di bandara. Cukup mudah bukan?

Serunya lagi, untuk para pemegang e-passpor, saat ini Jepang sudah menerapkan bebas visa ke negara tersebut. Wah, makin banyak pilihan wisata donk! Liburan murah ke luar negeri tanpa visa bukan hanya impian lagi nih. Belum lagi pilihan mengunjungi negara bebas visa lainnya seperti Hongkong, Brazil, Peru, dan masih banyak lagi. Tercatat secara keseluruhan ada 85 negara yang bisa dipilih untuk liburan tanpa visa.

Liburan Murah Ke Luar Negeri Ala Backpacker

Jika ingin mewujudkan liburan murah ke luar negeri, salah satu opsi berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan berwisata ala backpacker. Nah, seperti apa sih liburan ala-ala backpacker ini? Pasti sudah banyak yang sering mendengar istilah tersebut, tapi belum pernah mencobanya.

Sebenarnya hal ini mudah dilakukan. Yang paling utama harus mau susah payah mengatur dan merencanakan liburan ke luar negeri sendiri. Maksudnya disini tanpa menggunakan jasa tour ataupun travel. Sehingga tentu lebih banyak persiapan yang harus dilakukan sejak awal. Tapi, sebenarnya ini mudah saja kok, ada beberapa poin yang bisa dilakukan untuk liburan murah ke luar negeri ala backpacker.

Rencanakan Itinerary

Pertama tentu wajib untuk merencanakan itinerary secara jelas. Carilah informasi sedetil mungkin tentang negara yang akan dituju. Pilihlah destinasi wisata yang cukup umum dan memiliki banyak pengunjung. Apalagi jika baru pertama kali bepergian ke tempat tersebut. Hal ini sangat penting supaya dapat menghindari area wisata yang kurang lazim dan susah untuk ditempuh. Selain itu ketahui dengan baik wilayah yang akan dipilih menjadi tempat tinggal. Supaya dapat merencanakan rute bepergian dengan lebih nyaman sekaligus memastikan cara yang mudah untuk dapat membeli makanan yang dibutuhkan sehari-hari.

Cari Komunitas

Saat ini sudah banyak komunitas backpacker yang saling bertukar informasi. Nah, jika ingin liburan murah ke luar negeri tentunya bergabung dengan komunitas tersebut cukup penting. Tujuannya supaya dapat membantu merencanakan itinerary kalian dengan tepat. Atau bahkan dapat bepergian bersama dengan anggota komunitas lainnya sehingga biaya yang dibutuhkan dapat dihemat secara maksimal.

Hotel Backpacker

Selanjutnya pilihlah hotel yang ramah backpacker. Terutama yang menarik biaya minim namun memberikan fasilitas utama yang lengkap. Contohnya menyediakan makan pagi serta air minum. Walaupun sepele tetapi hal ini membantu menghemat biaya remeh-remeh saat melakukan wisata nantinya.

Langkah Menghemat Biaya Liburan

Nah, memilih negara bebas visa sudah, merencanakan liburan ala backpacker sudah, lalu apa lagi ya yang bisa dilakukan untuk meminimkan biaya? Sebenarnya masih ada beberapa tips menarik yang akan membantu kalian menghemat biaya liburan besar-besaran. Penasaran, ini nih beberapa tips di antaranya:

Penerbangan Ekonomis

Sudah bukan rahasia lagi bila saat ini penerbangan ke luar negeri tidak hanya didominasi oleh penerbangan eksklusif. Tetapi ada pula penerbangan murah yang bisa dijadikan opsi pilihan. Sebaiknya carilah kelas ekonomi supaya harga tiket yang dibutuhkan cukup minim. Bila beruntung carilah tiket penerbangan saat terdapat promo besar-besaran.

Belanja Oleh-Oleh

Umumnya beberapa orang menjadi sangat boros saat membelanjakan uang untuk sekedar oleh-oleh. Namun, sebaiknya tahan diri untuk belanja seperlunya saja. Fokuskan pada wisata yang dipilih. Membeli oleh-oleh tidak ada salahnya. Namun, supaya dapat mewujudkan liburan murah ke luar negeri sebaiknya pilih tempat belanja oleh-oleh dengan harga terjangkau. Seperti misalnya pasar tradisional yang dikenal menjual berbagai macam barang dengan harga ekonomis.

Transportasi Umum

Hal penting berikutnya yaitu mengetahui jenis transportasi publik umum di negara tujuan. Karena biasanya biaya jenis transportasi tersebut cukup murah dan dapat menjangkau banyak kawasan wisata. Bila perlu cetak rute transportasi umum tersebut untuk memudahkan transportasi selama berada di negara tujuan.

Itu tadi beberapa trik menarik untuk liburan murah ke luar negeri tanpa visa ala backpacker. Wah, rupanya ngga sulit lho untuk bisa mewujudkannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya berusaha mewujudkan impian berlibur ke negara lain sekarang juga. Mulailah mencari destinasi wisata yang kalian sukai, lalu rencanakan seluruh perjalanannya. Selamat berlibur!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *