Museum Angkut saat ini sudah menjadi tempat wisata ternama di Batu, Jawa Timur. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur di Malang.

Selain menghadirkan berbagai jenis transportasi dan angkutan, tidak banyak yang tahu bahwa pengunjung bisa berkeliling dunia melalui Museum Angkut.

Berkunjung ke destinasi wisata satu ini memang memberikan sebuah pengalaman lain. Tidak sekedar bisa berlibur serta menikmati beragam atraksi. Museum yang terletak di Batu, Malang ini juga memberikan edukasi. Inilah mengapa museum ini akan cocok dikunjungi bersama keluarga dan orang tersayang.

Bila berbicara mengenai museum satu ini, yang terbayang memang berbagai koleksi mode transportasi dan angkutan yang disajikan. Menariknya, museum ini juga menghadirkan sebuah sisi lain. Zona-zona dengan tema negara berbeda, lengkap dengan miniatur bangunan populer dari negara tersebut.

Mengunjung museum angkut dengan zona-zona negara ini yang membuat pengunjung seakan diajak berkeliling dunia. Memasuki lorong waktu dan tempat berbeda.

Tidak sabar untuk bisa berkunjung?

Lokasi dan rute perjalanan

Museum Angkut
Alun Alun Kota Batu, Malang

Menuju ke objek wisata populer ini sangat mudah. Perjalanan sebaiknya dimulai dari Surabaya menuju ke Kota Batu, Malang.

Untuk mencapai Malang, perjalanan yang harus ditempuh antara 2-3 jam. Jarak antara kedua kota ini sekitar 100 KM. Perjalanan bisa semakin cepat juga karena sudah ada jalan tol yang langsung menghubungkan antara Surabaya dan Malang.

Setelah tiba di Malang, lanjutkan perjalanan ke arah utara. Tepatnya menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Kota Batu sendiri tepat berada di perbatasan antara Jombang, Kediri, dan Mojokerto. Alun-Alun Kota Batu berjarak kurang lebih 30-45 menit dari kota Malang.

Dari arah Alun-Alun Kota Batu, tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju museum yang berjarak sekitar 10 menit perjalanan dengan mobil.

Menuju ke Alun-Alun Kota Batu bisa menggunakan berbagai transportasi berbeda. Dari Surabaya ke Malang bisa menggunakan bus maupun kereta api. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum kota maupun ojek yang mudah didapati.

Keuntungan dari berwisata di daerah Jawa Timur, terutama Malang memang kemudahan pilihan transportasi.

Tiket masuk Museum Angkut

Museum Angkut

Tiket masuk ke dalam museum yang berada di bawah Jawa Timur Park Group ini terbilang cukup terjangkau. Terutama bila dibandingkan dengan pengalaman yang diberikan.

Terdapat juga pilihan tiket terusan untuk beberapa hari. Membeli tiket terusan akan lebih menguntungkan karena bisa digunakan untuk masuk ke beberapa objek wisata lain di Malang.

Harga tiket:

  • Hari Senin-Kamis (weekdays) : Rp. 70.000,-
  • Hari Jumat-Minggu (weekend) : Rp. 100.000,-

Harga tiket sudah termasuk mengunjungi wahana D’Topeng dan Runway 27 yang ada di dalam museum.

Selain harga tiket pokok tersebut, ada ketentuan tambahan mengenai harga tiket masuk ke Museum Angkut.

  1. Tinggi badan lebih dari 85 cm diharuskan membayar tiket penuh
  2. Bila membawa kamera dengan jenis DSLR, Handycam, Polaroid, dan jenis kamera digital lain akan dikenakan tiket kamera. Pengecualian hanya smartphone.

Sedangkan untuk tiket terusan, yang disebut tiket sakti:

  • Paket Sakti (tiket berlaku untuk 2 hari) : Rp. 375.000,-
  • Paket Super Sakti (tiket berlaku untuk 3 hari) : Rp. 450.000,-

Kedua tiket terusan tersebut bisa digunakan juga untuk masuk ke objek wisata lain yang berada di bawah Jawa Timur Park Group. Seperti Museum Satwa Batu Secret Zoo, Jatimpark 1, Eco Green Park, Museum Tubuh, Predator Fun, dan Batu Night Spectacular.

Berkeliling dunia di zona waktu berbeda

Daya tarik dari museum ini tentu saja menghadirkan berbagai jenis alat transportasi dan angkutan. Masing-masing zona yang ada di dalam museum menghadirkan suasana berbeda. Bahkan pengunjung seolah diajak menjelajahi lorong waktu dengan adanya koleksi alat transportasi dari masa ke masa.

Hall utama

Di zona pertama, ada Hall utama. Di sini pengunjung bisa menyaksikan deretan motor dan mobil klasik. Berbagai jenis kendaraan klasik dari seluruh dunia bisa ditemukan.

Lantai dua di zona ini ada replika pesawat kepresidenan. Lengkap dengan bar, ruang meeting, bahkan kamar tidur presiden.

Zona Edukasi

Seperti namanya, di Zona Edukasi diperlihatkan perkembangan transportasi. Mulai dari sepeda, kereta api bara yang klasik, motor, sampai mobil listrik.

Zona Batavia dan Pecinan

Gaya oriental yang khas masa sebelum kemerdekaan bisa ditemukan di zona ini. Zona ini berada di outdoor dan benar-benar membawa pengunjung seolah memasuki Batavia di masa lampau.

Zona Gangster & Broadway Street

Keseruan berkeliling dunia di Museum Angkut dimulai dari Zona Gangster & Broadway Street. Zona ini merupakan cerminan dari California dan juga New York di masa lalu. Dimana saat itu disebut sebagai gangster dan broadway.

Tidak hanya koleksi alat transportasi di masa itu. Pengunjung juga bisa menyaksikan perkembangan dunia hiburan Amerika Serikat di zona ini.

Zona Eropa

Museum Angkut

Keunikan dan kekhasan Eropa benar-benar diperlikan. Di zona ini juga bisa menyaksikan perkembangan kendaraan Volkswagen, Rolls Royce, sampai Vespa.

Zona Buckingham Palace

Penasaran ingin mengintip Buckingham Palace? Ada replika miniaturnya yang bisa dikunjungi!

Zona Las Vegas

Dari Eropa dan Inggris, langsung kembali ke Amerika Serikat. Hanya saja tidak perlu perjalanan jauh untuk bisa mengunjungi Las Vegas. Museum ini benar-benar sukses menghadirkan suasana Las Vegas yang sangat khas.

Zona Hollywood

Bila masih ingin meneruskan keliling dunia, bisa berkunjung di zona terakhir: Hollywood! Selain perkembangan transportasi, di zona ini juga ditampilkan mengenai perkembangan dunia hiburan dunia.

Seru kan berkeliling dunia di Museum Angkut, Batu, Malang? Yuk berkunjung!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *