Perlengkapan traveling bisa sangat membingungkan. Apalagi ini era new normal dan kamu baru pertama kali mau berwisata. Tentu persiapanya harus beda dengan sebelumnya. Yang harus dibawa juga beda.

New normal itu beraktifitas seperti sediakala di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Di setiap kegiatan yang dilaksanakan, semua orang harus mematuhi protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona. Tetap menjaga jarak, menggunakan masker saat bepergian, serta sering mencuci tangan.

Di era new normal ini, pusat hiburan dan beberapa tempat pariwisata sudah kembali di buka. Tidak sedikit orang yang ingin berlibur setelah bosan di rumah selama menjalani PSBB. Bagi yang akan berwisata dengan aman tanpa khawatir terpapar virus corona, perlengkapan traveling ini tak boleh ketinggalan.

Perlengkapan Traveling Saat New Normal

1. Masker Cadangan

Perlengkapan traveling
Sumber: Unsplash.com

Masker mulut merupakan barang wajib yang digunakan ketika beraktifitas di luar ruangan selama pandemi. Ketika melakukan perjalanan jauh, sangat disarankan untuk membawa masker cadangan. Menurut ahli kesehatan, masker kain atau masker kesehatan sebaiknya diganti setiap empat jam sekali.

Untuk pengguna masker kain, segera cuci masker setelah digunakan. Sedangkan pengguna masker kesehatan, buang setelah digunakan. Membuang masker kesehatan juga tidak boleh sembarangan, masukkan ke dalam kantung plastik dan ikat dengan rapat. Hal ini untuk mencegah partikel yang menempel pada permukaan kain berhamburan di udara.

2. Face Shield

Perlengkapan Traveling (9)
Sumber: Unsplash.com

Penggunaan face shied tidak diwajibkan, namun jika ingin melakukan perlindungan ekstra tidak ada salahnya digunakan ketika bepergian. Menurut penilitian pada tahun 2014 uang dilakukan oleh J Occup Enivor Hyg menyimpulkan jika alat ini dapat menekan paparan virus hingga 92%.

Meskipun sudah menggunakan pelindung wajah, perlengkapan traveling masker mulut tetap harus digunakan.

3. Perlengkapan Traveling Sabun untuk Mencuci Tangan

Perlengkapan Traveling (9)
Sumber: Unsplash.com

Masyarakat selalu diingatkan perihal mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun. Kebiasaan ini dapat mencegah penularan virus melalui sentuhan tidak langsung. Telapak tangan merupakan bagian tubuh yang rentan bersentuhan dengan benda-benda asing tempat bakteri dan virus berkembang biak.

Oleh karean itu, sabun cuci tangan menjadi salah satu barang yang harus selalu dibawa saat bepergian. Sebenarnya semua jenis sabun dapat melarutkan lipit atau lemak virus, akan tetapi untuk lebih aman sebaiknya membawa sabun anti bakteri. Pilih kemasan kecil yang lebih praktis.

4. Selalu Bawa Perlengkapan Traveling Hand Sanitizer

Sumber: Unsplash.com

Selain sabun, sebaiknya bawa juga hand sanitizer sebagai alternatif membersihkan tangan. Barang ini dapat digunakan ketika tidak menemukan kamar mandi atau wastafel di tempat umum.

Gunakan produk yang memiliki kandungan alkohol lebih dari 60%. Menurut penelitian, kadar dibawah itu belum dapat membasmi bakteri dan virus dengan maksimal.

5. Tisu Basah dan Kering

Perlengkapan Traveling (9)
Sumber: Unsplash.com

Tisu basah dan kering tidak boleh ketinggalan ketika bepergian, terutama ketika menginap di hotel. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan peralatan yang rentan disentuh banyak orang seperti remote tv, remote AC, meja, kursi, dan fasilitan umum lainnya.

Sedangkan tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan atau alat-alat yang dibersihkan menggunakan tisu basah. Selain itu, bersin dan batuk di tempat umum sebaiknya ditutup menggunakan tisu kering.

6. Pakaian Pengganti Wajib Ada Dalam Daftar Perlengkapan Traveling

Sumber: Unsplash.com

Ketika melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, dan lainna, sebaiknya membawa baju ganti. Partikel-partikel yang dibawa oleh udara dapat menempel pada baju yang dikenakan.

Jika tidak segera diganti, penularan virus semakin tinggi. Hal ini sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Jadi, sebisa mungkin segera mandi dan ganti baju setelah sampi di tempat tujuan.

7. Peralatan Makan

Sumber: Unsplash.com

Peralatan makan seperti sendok dan garbu sebaiknya di bawa sendiri dari rumah. Beberapa restoran dan hotel sudah menjamin kebersihan fasilitasnya, namun menggunakan peralatan pribadi lebih aman dan tidak was-was.

Bukan meragukan kualitas kebersihan tempat yang dikunjungi, melainkan untuk meminimalkan penularan virus corona. Karena itu, perlengkapan traveling wajib kamu bawa.

8. Peralatan Ibadah

Perlengkapan Traveling (9)
Sumber: Unsplash.com

Di tengah pandemi seperti saat ini, sebaiknya mengurangi penggunakan barang-barang publik. Salah satunya alat ibadah yang disediakan oleh masjid atau mushola umum. Pengunjung tempat ibadah bisa datang dari mana saja, dan tidak pernah tahu masing-masing dari mereka benar-benar higienis opo ogak.

Lebih aman jika membawa sajadah dan mukena milik pribadi saat bepergian. Sebisa mungkin jangan meminjamkan alat ibadah pada orang lain. Hal ini juga dapat meningkatkan resiko penularan virus corna. Jika ada pengunjung lain yang meminjam, tolak dengan cara yang halus dan sopan tanpa menyakiti perasaannya.

9. Botol Minum

Berbagi mimunan dengan orang lain sudah menjadi kebiasaan. Hal ini sudah seharusnya dikurangi, sebisa mungkin justru dihentikan. Mungkin ini terdengar sepele, namun siapa saja bisa terpapar virus corona. Bisa saja penularan terjadi akibat saling bersentuhan tidak langsung melalui botol minum.

Gunakan botol minum yang dapat digunakan dan dicuci berkali-kali selama bepergian. Pastikan tidak berbagi minuman dengan rekan selama liburan. Sebaiknya masing-masing membawa botol minum pribadi. Memang membawa alat pribadi selama liburan terkesan ribet, tapi cara ini dilakukan untuk kebaikan diri sendiri.

10. Perlengkapan Traveling Kantong Plastik atau Tote Bag

Perlengkapan Traveling (9)
Sumber: Unsplash.com

Kantong plastik atau tote bag merupakan barang yang tidak dapat diremehkan. Sebelumnya sudah disinggung, kantong plastik digunakan untuk membuang masker bekas. Sebenarnya kegunaannya bukan hanya itu, baju kotor dan peralatan lainnya perlu disimpan agar partikel tidak tercampur ketika dimasukkan dalam tas.

Pastikan untuk menggunakan plastik bersegel, atau lebih hemat membawa tote bag yang dapat digunakan berkali-kali. Setelah membungkus peralatan dalam kantung jangan lupa menyemprotkan disinfektan. Bagi pengguna tote bag, segera cuci setelah digunakan agar selalu higienis saat digunakan kembali.

Nah itulah beragam perlengkapan traveling yang tidak boleh ketinggalan saat kamu liburan di era new normal. Kalau kamu mau masuk hotel, ada baiknya baca juga protokol kesehatan masuk hotel ya.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *