Banyak wisatawan setelah sekian lama berada di rumah tentunya merindukan berlibur. Namun, tentunya berlibur di masa pandemi ini memiliki persiapan yang berbeda dengan masa sebelumnya. Oleh sebab itu sebaiknya ketahui lebih dulu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum merencanakan trip ke tempat wisata tertentu. Supaya wisata berjalan lancar dan aman, simak 7 persiapan wisata di era new normal yang wajib untuk dilakukan berikut ini.

Pertama, Booking Online

Hal penting pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan booking secara online. Di masa new normal kebanyakan tempat wisata lebih memilih untuk menjual tiket secara online. Hal ini bukan tanpa alasan, namun dilakukan untuk menghindari kontak fisik yang bisa berpotensi menularkan virus. Oleh sebab itu sebaiknya cari tahu destinasi wisata yang akan dikunjungi. Pahami bagaimana cara melakukan pemesanan tiket secara online dan lakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelumnya.

pemesanan

Sama halnya jika hendak memesan akomodasi seperti hotel. Sebaiknya pilih booking secara online dan sebisa mungkin dapat dilakukan pengembalian dana. Dengan demikian maka liburan bisa berjalan lebih optimal. Persiapan juga lebih matang dan liburan dapat terlaksana sesuai rencana.

Persiapan Wisata Kedua, Pastikan Kondisi Badan Sehat

Selanjutnya sangat penting untuk memastikan bahwa kondisi badan Anda cukup sehat untuk melakukan perjalan ke tempat tujuan. Di masa new normal ada banyak peraturan yang tidak mengijinkan wisatawan memasuki tempat wisata jika sedang demam atau batuk pilek. Karena itu pastikan suhu tubuh Anda cukup normal dan Anda tidak sedang dalam keadaan sakit.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Bali Paling Favorit Pasca Corona

Tips bagi yang memang sudah merencanakan untuk berlibur, sebaiknya konsumsi banyak vitamin dan penuhi kebutuhan makanan bergizi. Dengan demikian maka stamina dan kesehatan tubuh dapat dijaga secara maksimal. Kondisi tubuh yang sehat juga meminimalkan resiko tertular penyakit dari orang lain saat sedang berwisata. Sehingga sesudah wisata tidak timbul masalah kesehatan yang menyusahkan.

Selanjutnya Ketiga, Pilih Lokasi Yang Dekat

Di masa new normal ini bisa jadi tidak semua tempat wisata yang ingin dikunjungi sudah mulai beroperasi. Bahkan sejumlah daerah bisa jadi masih memiliki persyaratan khusus untuk memasukinya. Jika tidak ingin rencana berlibur gagal, sebaiknya pilih dulu lokasi wisata yang dekat dengan tempat tinggal. Misalnya saja yang masih berada di satu kota, atau jika ingin menginap pilih lokasi wisata di kota terdekat.

bandung

Ada baiknya mencari tahu lebih dulu informasi yang jelas mengenai tujuan wisata yang akan dikunjungi. Seperti misalnya jam buka area wisata serta persyaratan yang harus dibawa saat berkunjung. Jangan sampai tidak membawa kelengkapan yang diperlukan dan akhirnya harus batal melakukan wisata. Dengan memilih lokasi wisata yang dekat, umumnya persyaratan dan ketentuan yang diminta masih lebih mudah dan fleksibel.

Persiapan Wisata Keempat, Gunakan Kendaraan Pribadi

Sangat penting untuk memastikan merencanakan trip atau liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini transportasi publik belum sepenuhnya dibuka. Selain itu resiko penularan penyakit melalui transportasi umum juga lebih besar. Oleh karena itu untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor.

Jangan lupa untuk mengatur jumlah penumpang di dalam kendaraan sesuai aturan yang berlaku. Tentunya dengan pilihan lokasi wisata yang terjangkau, menggunakan kendaraan pribadi masih terasa nyaman. Apalagi jika jumlah penumpang di dalam mobil masih cukup memadai.

Kelima, Pakai Masker

Persiapan wisata di era new normal berikutnya yang tidak boleh dilupakan yaitu wajib menggunakan masker. Bila perlu sediakan masker cadangan untuk masing-masing anggota keluarga atau teman yang berlibur. Seluruh tempat wisata saat ini mewajibkan pengunjung menggunakan masker. Tanpa masker bisa jadi Anda tidak dapat memasuki area atau lokasi wisata tujuan. Karena itu barang yang satu ini harus selalu dibawa, bahkan tidak cukup hanya satu buah saja.

Sumber: Pixabay.com

Adapun sesuai anjuran pemerintah sebaiknya gunakan masker non medis atau masker kain. Selain dapat digunakan kembali, masker jenis ini bisa dicuci dengan bersih. Sehingga jika sewaktu-waktu tidak sengaja masker terkena kotoran, cukup cuci bersih di malam harinya untuk dapat dikenakan kembali keesokan hari.

Persiapan Wisata Keenam, Bawa Perlengkapan Pribadi

Hal berikut yang juga wajib untuk disiapkan yaitu perlengkapan pribadi yang diperlukan. Misalnya saja obat-obatan atau peralatan sholat pribadi. Usahakan untuk menyiapkan dari rumah supaya tidak perlu berbagi dengan orang lain saat menggunakannya. Pastikan juga untuk selalu menyimpan tisu basah dan hand sanitizer. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat digunakan.

Beberapa tempat wisata bisa jadi menyediakan cukup hand sanitizer maupun tempat untuk cuci tangan. Namun ada pula yang minim jumlahnya. Dengan menyiapkan sendiri tentu jauh lebih aman. Tangan selalu bersih dan resiko penularan penyakit saat berlibur juga jauh lebih minim.

Terakhir, Jaga Jarak!

Terakhir, persiapan wisata di masa new normal yang tak kalah penting termasuk jangan lupa untuk selalu jaga jarak dengan pengunjung yang lain. Bisa jadi tempat wisata yang dituju akan memiliki banyak pengunjung. Meskipun pengelola tempat wisata sudah menetapkan standar peraturan yang baru, namun resiko tertular virus masih tetap mungkin terjadi. Oleh sebab itu usahakan untuk menjaga jarak dengan sesama pengunjung.

Sebisa mungkin patuhi aturan yang diberlakukan oleh tempat wisata. Misalnya posisi tempat duduk atau tidak berkerumun di satu area tertentu. Dengan menjaga jarak minimal satu meter sesuai anjuran, tentunya resiko penularan penyakit dapat dihindari. Liburan jadi aman, nyaman dan tentu penuh kesan.

Itulah 7 persiapan wisata di era new normal yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan liburan dalam waktu dekat. Dengan persiapan yang tepat, tentunya liburan bisa dinikmati dengan maksimal. Tak hanya itu saja, resiko tertular penyakit juga lebih minim. Nah, sudah siap berlibur?

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *