Wisata ke Lombok bisa jadi alternatif menarik buat kamu yang bosan menghabiskan liburan ke Bali yang seringkali penuh sesak oleh turis lokal maupun mancanegara.

Pulau Lombok nuansanya menyerupai Bali tapi tidak sepadat Bali. Pemandangan alamnya tidak kalah indah, loh. Destinasi wisata di pulau yang didiami Suku Sasak ini juga sangat variatif.

Sebelum berangkat liburan, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Biar liburanmu lebih asik, apstikan untuk mempersiapkan segala hal ini dengan baik.

Cari Info Wisata ke Lombok dan Booking Ini Itu yang Sesuai Budget

wisata ke lombok
Sumber: Unsplash.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari info sebanyak-banyaknya tentang Pulau Lombok. Mulai dari destinasi wisata, makanan khas Lombok, hingga suhunya.

Ada banyak tempat wisata di Lombok yang bisa dituju. Kalau suka wisata pantai, ada Pantai Senggugu, Pantai Kuta, Pink Beach, dan Pantai Bangko-Bangko dengan ombak yang lebih tinggi.

Khusus bagi penggemar wisata sejarah, bisa mengunjungi Dusun Sade dan tempat pemandian para putri di masa lalu Narmada. Sementara itu, untuk wisata pegunungan ada Gunung Rinjani dan Bukit Pergasingan.

Ada sangat banyak destinasi wisata di Lombok yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing wisatawan. Pilih destinasi mana saja yang kamu suka, sehingga kamu pun bisa langsung membuat itinerary atau jadwal perjalanan.

Jangan lupa, sesuaikan dengan budget liburanmu. Beberapa destinasi wisata tiketnya bisa dibooking sebelumnya, kalau mau sekalian booking tiket ke tempat wisata juga bisa

Hal lain yang harus disiapkan adalah tiket menuju ke Lombok. Dari Jakarta, kamu bisa baik pesawat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Selaparang, Lombok. Jika punya budget yang cukup besar, sesampainya di sana kamu bisa langsung menyewa mobil.

Penyewaan mobil bisa dilakukan di bandara atau di hotel tempatmu menginap. Dengan menyewa mobil sendiri tentu akan lebih nyaman, karena tidak terikat waktu dan tidak perlu kuatir walau pergi ke daerah pelosok.

Wisata ke Lombok Budget Terbatas, Pilih Backpackers

Wisata ke Lombok Budget Terbatas, Pilih Backpackers
Sumber: Unsplash.com

Tapi jika kamu punya budget terbatas, bukan berarti tidak bisa berwisata ke Lombok. Wisata ala backpackers juga bisa kamu dilakukan di Lombok. Dari Jakarta, kamu bisa melalui jalur darat dengan menggunakan bis.

Ada 2 bis yang melayani rute ini, keduanya berangkat dari Terminal Pulo Gadung. Bis berangkat setiap hari, dengan waktu tempuh 26 hingga 28 jam. Harga tiket bus sekitar Rp 500 ribuan, lumayan kan untuk berhemat.

Kalau tidak terlalu suka naik bis, kamu bisa juga naik kereta api dari Jakarta ke Surabaya terlebih dahulu. Ada banyak kelas kereta yang bisa dipilih untuk jurusan ini, mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Dari Surabaya, perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal ferry dari Pelabuhan Ujung yang likasinya tak jauh dari pelabuhan Tanjung Perak.

Selama di Lombok, buat kamu yang mau berlibur ala backpackers harus cari infontentang alat transportasi. Kalau liburan sendirian atau berdua, bisa sewa sepeda motor agar kemana-mana lebih nyaman.

Sebab, berbeda dengan Jakarta yang alat transportasinya sudah lengkap, transportasi umum di Lombok cukup terbatas. Jika ingin lebih leluasa jalan-jalannya, paling seru memang menggunakan kendaraan sendiri.

Hal ketiga yang harus disiapkan adalah tempat penginapan. Lagi-lagi, kalau kamu punya budge yang besar, mencari tempat masalah tentu tidak akan jadi masalah. Tinggal sesuaikan dengan selera saja. Tidak perlu kuatir jika budget pas-pasan.

Di Lombok ada banyak tempat penginapan yang terbulang mash murah. Rajin-rajin cek di aplikasi travel saja, siapa tau sedang ada diskon. Booking kamar dari jauh-jauh hari biasanya harganya lebih murah.

Wisata ke Lombok Harus Bawa Ini

Sumber: Unsplash.com

Tiket sudah dikantongi, hotel sudah dibooking, sekarang saatnya mempersiapkan barang bawaan. Saat liburan, sebaiknya tidak perlu membawa banyak barang yang kurang perlu. Untuk pakaian, sesuaikan dengan suhu di Pulau Lombok.

Tapi yang paling penting adalah bawaan di era new normal. Kamu wajib bawa beberapa masker dan hand sanitizer. Baca ini untuk lebih lengkapnya: 7 Persiapan Wisata di Era New Normal, Wajib Baca!

Cuaca di Lombok cukup panas, apalagi kalau kamu berencana berwisata ke daerah pantai. Bawa pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat. Persiapkan juga alas kaki yang nyaman, baik sandal maupun sepatu. Jangan lupa bawa baju renang, ya.

Perlengkapan wisata ke lombok lain yang harus dibawa adalah topi dan kacamata hitam untuk melindungimu dari sinar matahari. Tabir surya juga harus masuk ke dalam tas, karena bisa dipastikan setiap hari kamu akan melakukan aktivitas outdoor. Baik itu wisata pantai ataupun gunung.

Sementara itu, kalau kamu lebih memilih berwisata ke pegunungan, maka sebaliknya harus membawa pakaian yang cocok untuk daerah poegunungan. Bawa jaket yang bisa melindungi dari udara dingin, sepatu hiking, dan juga perlengkapan hiking lainnya.

Pemandangan alam di Lombok sangat indah. Karena itu, sayang kalau sampai tidak diabadikan. Jadi jangan lupa bawa kamera kalaunliburan ke Lombok. Walau kamera smartphone sekarang sudah banyak yang canggih. Tapi bagi wisatawan yang gemar fotografi pasti terasa ada yang kurang jika tidak membawa kamera khusus.

Terakhir, agar bisa tetap berhubungan dengan keluarga tercinta, perlu juga bawa gadget. Tapi bawa secukupnya saja, ya. Jangan sampai liburanmu hanya diisi dengan main gadget saja. Yang tidak bileh ketinggalan adalah smartphone, charger, dan power bank. Selain itu, bawa secukupnya saja.

Badan Harus Fit

Apapun aktivitas yang dilakukan, tentu akan lebih asik kalau kondisi badan kita fit. Karena itu, jaga kesehatan sebelum berangkat berlibur. Agar acara wisata ke Lombok lebih seru dan tidak terhalang badan yang kurang fit.

Dengan badan fit, bukan hanya nyaman menjalankan aktivitas, kamu juga bisa leluasa menikmati makanan khas Lombok yang dikenal lezat.

Agar kondisi tetap fit selama liburan, kamu juga bisa membawa obat-obatan sendiri. Bawa obat-obatan deperlunya yang biasa kamu konsumsi. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat tujuan, kamu tidak perlu repot mencari apotek. Liburan pun akan tetap nyaman.

Jadi, sudah siap wisata ke Lombok?

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *