Pemerintah resmi merilis protokol kesehatan masuk hotel beberapa waktu yang lalu demi menyambut new normal. Mungkin, ini bukan kabar paling baik, tetapi setidaknya kabar ini cukup melegakan hati. Kamu-kamu yang sudah bosan diam diri di rumah, kini sudah bisa berwisata.

Di era new normal ini, kamu sudah bisa bekerja dan beraktivitas seperti sediakala, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Kamu yang ingin jelan-jalan juga demikian. Ada protokol yang harus kamu ikuti agar bisa terhindar dari penularan virus corona.

Protokol Kesehatan Masuk Hotel

Nah demi memaksimalkan liburan, kamu butuh dong ya hotel sebagai tempat menginap. Tapi sebelum kamu benar-benar menginap di hotel, misalnya kalau kamu mau ke wisata murah jogja yang siap new normal, ada beberapa protokol kesehatan masuk hotel yang harus kamu pahami dulu, apa saja itu?

1. Memastikan Reputasi Hotel

Protokol Kesehatan masuk hotel
Sumber: Pixabay.com

Protokol kesehatan masuk hotel yang pertama adalah Pastikan terlebih dahulu reputasi hotel tempat kamu akan menginap. Manfaatkan aplikasi terpercaya untuk memesan. Lihat review pengunjung sebelumnya, benar-benar berkualitas atau tidak pelayananya. Dari sini kamu juga dapat melihat rate masing-masing hotel.

Rating hotel sendiri ditentukan oleh beberapa penilaian seperti kebersihan, kenyamanan, keramahan staf, fasilitas, dan lainnya. Jadi, pilih hotel yang memiliki bintang di atas 4.

Cobalah untuk menanyakan langsung perihal penginapan tersebut, jika costumer service melayani dengan cepat itu artinya mereka lebih mengutamakan pengunjung.

2. Pilih Hotel yang Paling Bersih

Sumber: Pixabay.com

Di tengah pandemi seperti saat ini, kebersihan suatu tempat menjadi pertimbangan paling penting di atas segalanya. Pastikan hotel yang akan kamu kunjungi menerapkan protokol kesehatan yang semestinya.

Cari tahu bagaimana mereka mengolah sampah, seberapa sering lantai dibersihhkan dan dipel, atau membersihkan debu-debu di lobi. Kondisi lingkungan sekitar juga menjadi bahan pertimbangan. Jika kesan pertama terhadap hotel tidak bagus, sebaiknya segera cari penginapan yang lain.

3. Mematuhi Protokol Kesehatan Masuk Hotel yang Ditetapkan Pengelola

Hotel profesional ikut aturan pemerintah dengan menerapkan prosedur kesehatan dengan baik. Ketika memasuki lingkungan hotel, staf akan memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung. Selain itu, saat cek-in petugas meminta informasi mengenai kesehatan, riwayat perjalanan, dan lainnnya.

Sebagai pengunjung yang baik, ikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak hotel. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap aman terhindar dari paparan virus corona. Sehingga, liburan yang selama ini didambakan benar-benar dapat dinikmati tanpa merasa khawatir.

4. Jangan Lupa Mencuci Tangan

protokol kesehatan masuk hotel
Sumber: Pixabay.com

Setelah melewati prosedur yang ada dan mendapatkan kamar hotel, segera menuju westafel dan bersihkan tangan menggunakan sabun. Ingat selema di penginapan berapa kali tangan menyentuh benda asing, pasti sudah bersentuhan dengan tombol lift, knop pintu, kunci kamar, dan masih banyak lagi.

Sering-seringlah mencuci tangan, biasanya hotel menyediakan sabun dan handsanitizer. Jika ragu menggunakan fasilitas hotel, bisa membawa sendiri dari rumah. Tapi, penginapan dengan reputasi baik selalu menyediakan peralatan baru. Dengan kata lain bukan bekas dari pengunjung sebelumnya.

5. Menjaga Jarak dan Selalu Gunakan Masker

Sumber: Pixabay.com

Selama berada di hotel, kamu mungkin beberapa kali berhubungan dengan staf hotel dan pengunjung lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

Cara ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona, pasalnya data menunjukkan lebih banyak orang yang terpapar virus tidak menunjukkan gejala.

Selalu gunakan masker selama berada di lingkungan hotel. Apabila diperlukan gunakan juga face shield agar lebih aman. Sebisa mungkin jangan sampai melakukan kontak fisik, baik dengan staf hotel maupun sesama pengunjung.

6. Taati Protokol Kesehatan Masuk Hotel dengan Hindari Menginap Beramai-ramai

Selama menginap di hotel hindari menginap beramai-ramai. Demi kebaikan dan kesehatan bersama, sebaiknya menyewa satu kamar untuk satu orang. Selain itu, batasi tamu yang berkunjung ke kamar hotel. Jangan berkumpul di dalam satu ruangan dengan banyak orang.

Sebaiknya jauhi fasilitas hotel yang dikunjungi banyak orang seperti kolam renang, restoran, bar, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari keruminan dan kontak tidak langsung, misalnya memegang fasilitas umum yang digunakan beramai-ramai. Jika membutuhkan makan atau minum, kamu bisa memesan melalui staf hotel untuk diantar ke kamar.

7. Turut Andil dalam Menjaga Kebersihan Hotel

Setelah pengunjung sebelumnya cek-out, staf hotel segera membersihkan setiap sudut kamar. Namun, pada situasi seperti saat ini tidak ada salahnya jika pengunjung baru melakukan pembersihan ulang sebelum menempati. Usahakan ruangan benar-benar bebas dari segala jenis kotoran.

Selalu membuang sampah ditempatnya, dan pastikan closet dalam keadaan bersih setelah digunakam. Mintalah staf hotel untuk mengganti seprei, selimut, serta sarung bantal secara rutin jika menginap dalam waktu lama. Sedangkan untuk peralatan mandi, seperti handuk dan lainnya sebaiknya diganti setiap hari.

8. Kalau Perlu, Minta Dilakukan Penyemprotan Disinfektan

Tidak ada salahnya meminta pihak hotel melakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini demi memastikan semua fasilitas kamar dalam keadaan steril.

Tidak harus menyemprot seluruh ruangan karena justru berbahaya bagi tubuh. Cukup bersihkan ruang penting seperti kamar mandi, closet, knob pintu, meja, dan kursi. Untuk peralatan elektronik seperti remote tv atau remote ac gunakan tisu basah saja.

Memang agak ribet sih menerapkan protokol kesehatan masuk hotel, tetapi itu demi kebaikan kamu. Nah penting juga untuk memastikan kamu dalam keadaan sehat dan prima sebelum berangkat liburan. Soalnya, sistem kekebalan tubuh menurun ketika seseroang sakit, pada kondisi inilah kamu lebih rentan terserang virus.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *