Pecinta wisata Jogja sebaiknya jangan sampai melewatkan destinasi taman di Jogja yang saat ini makin cantik dan menarik. Sebagai kota pariwisata dengan berbagai macam objek, Jogja membenahi diri dengan memperindah taman-taman wisata di wilayahnya. Sehingga bila berkunjung ke kota tersebut, makin banyak pilihan yang bisa dituju untuk sekedar melepas penat dan berwisata bersama keluarga. Bagi yang ingin tahu lebih lengkapnya, berikut ini 3 taman di Jogja yang menarik untuk dikunjungi beserta informasi lengkap itinerarynya.

Taman Sari Jogja

Taman di Jogja yang satu ini memang sudah sangat terkenal sejak lama. Taman yang dipercaya sebagai tempat mandi para putri keraton ini memang menyimpan sejuta pesona yang aduhai. Tak heran bila banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang selalu menyempatkan berkunjung ke area tersebut. Jarak tempuhnya dari pusat kota Jogja juga tidak jauh dan mudah. Sehingga memungkinkan para wisatawan untuk mengintip keindahan yang ada di dalamnya. Jika belum pernah mengunjungi objek wisata yang satu ini, berikut informasi detail mulai dari lokasi, rute yang dapat dipilih, penginapan di sekitarnya hingga harga tiket masuk ke kawasan lokasi wisata.

Lokasi & Rute

Taman Sari Jogja berlokasi di Jalan Komplek Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, DI Yogyakarta. Tempatnya berada di samping Keraton Yogyakarta yang ternama. Sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Dari kawasan Malioboro, cukup ditempuh dengan becak, atau bila memiliki banyak waktu luang, maka berjalan kaki menuju ke lokasi juga pilihan pas yang menarik.

Harga Tiket

Untuk dapat memasuki kawasan wisata tersebut, harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau. Pengunjung wisatawan lokal hanya dikenakan tariff sebesar lima ribu rupiah saja. Sementara wisatawan mancanegara lainnya dikenakan tarif dua belas ribu rupiah. Bila ingin menggunakan pemandu wisata, maka cukup membayar maksimal tiga puluh ribu rupiah saja. Sehingga ada banyak informasi yang bisa didapatkan selagi berjalan memutari kawasan tersebut.

Penginapan

Bagi yang mencari penginapan terdekat dengan objek wisata taman di Jogja yang satu ini, maka ada banyak pilihan yang bisa dijadikan opsi. Mulai dari homestay, hotel kelas menengah, hingga hotel bintang lima. Harganya juga bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Sehingga sebaiknya rencanakan dengan pasti sesuai dana dan keinginan yang dimiliki sebelum berangkat menginap ke kawasan tersebut.

Taman di Jogja Taman Pelangi

Taman di Jogja selanjutnya yang tidak kalah mempesona yaitu Taman Pelangi Jogja. Tempat wisata yang satu ini cukup spektakuler karena keindahan di dalamnya. Berbagai macam lampu lampion yang menyala indah berpadu dengan berbagai pernik menarik. Sehingga tak heran jika objek wisata tersebut hanya dibuka pada saat malam hari. Terutama karena keindahannya yang jelas terlihat di saat malam menjelang.

Lokasi & Rute

Objek wisata yang satu ini terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali. Sehingga jika menggunakan angkutan umum dapat menggunakan transportasi yang sama dengan arah tersebut. Lokasi tepatnya ada di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Sehingga perlu waktu 15-30 menit untuk dapat mencapainya. Baik menggunakan Trans Jogja maupun menggunakan mode transportasi yang lainnya.

Harga Tiket

Pengunjung yang datang berwisata ke sini akan dikenakan tiket masuk sebesar lima belas ribu rupiah untuk hari biasa dan dua puluh ribu rupiah untuk akhir pekan. Harga ini ditujukan untuk semua jenis wisatawan yang datang. Bila ingin mencoba berbagai wahana permainan yang ada di dalamnya, tentu ada biaya tambahan  yang harus disiapkan. Namun hanya berjalan berputar di sekeliling taman sebenarnya tidak kalah menariknya.

Penginapan

Jika ingin menginap di lokasi yang dekat dengan Taman Pelangi, maka sebaiknya pilih saja untuk menginap di seputar Stasiun Tugu Jogja. Atau bila ingin tinggal berjalan kaki bisa juga memilih untuk tinggal di seputar kawasan Ring Road. Mulai dari penginapan sederhana hingga yang bertarif mahal, semua tersedia di area tersebut.

The Lost World Castle Jogjakarta

Terakhir ada The Lost World Castle sebagai salah satu destinasi ppilihan wisata taman di Jogja. Mendengar kata yang satu ini pastinya pikiran kita akan melayang ke jaman dahulu kala. Hal ini cukup tepat, karena penampakan di objek wisata tersebut berupa bangunan benteng ala Benteng Takeshi yang terkesan bangunan di masa terdahulu. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, sebaiknya simak informasi berikut di bawah ini.

Lokasi & Rute

Objek wisata ini ada di kawasan Kaliurang. Tepatnya di kaki Gunung Merapi, sehingga tak heran jika udaranya cukup sejuk dan segar. Untuk mencapai lokasi ini dari pusat kota Jogja dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Mengingat lokasinya sekitar 30 km jauhnya.

Harga Tiket

Jika berkunjung ke dalam objek wisata yang satu ini, maka tiap wisatawan harus membayar sejumlah uang sebesar lima belas ribu rupiah untuk tiket masuk. Biaya ini belum termasuk ongkos parkir sekitar lima ribu rupiah.

Penginapan

Jika ingin menginap di kawasan tersebut maka opsi terbaik memilih penginapan di seputar Kaliurang. Walaupun tidak banyak pilihan, namun rata-rata penginapan seputar wilayah tersebut menyajikan pemandangan yang indah serta udara gunung yang segar.

Itulah 3 taman di Jogja yang menarik untuk dikunjungi saat liburan nanti. Bila merasa bingung dan tidak yakin dengan informasi tentang ketiga taman tersebut, maka informasi di atas setidaknya dapat membantu lebih jelas. Jadi, tidak perlu ragu saat ingin berlibur mengunjungi taman-taman yang cantik tersebut. Habiskan waktu santai bersama teman dan keluarga dengan wisata ke taman di Jogja.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *