Indonesia tidak henti-hentinya menawarkan sejuta pesona keindahan yang bisa dinikmati semua orang. Sayangnya karena pandemi virus corona, kita tidak bisa leluasa pergi ke tempat wisata Indonesia yang di inginkan karena memang pemerintah berusaha untuk memutus rantai penyebaran virus corona salah satunya dengan cara menutup tempat wisata.

Tapi setelah pandemi berakhir, ada banyak orang yang sudah membuat list tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Ternyata dari berbagai wisata yang ada di Indonesia, ada beberapa tempat yang paling di favoritkan banyak orang lho. Apa saja ya? Yuk langsung aja kita simak.

Pulau Komodo

Sumber: Unsplash.com

Bersama dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Komodo masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Bahkan pada tahun 1986 Pulau Komodo menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO karena menjadi habitat binatang purba Komodo sehingga wajib untuk dilindungi. Penghargaan tertingginya pada tahun 2011, dimana Pulau Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia (New Seven Wonders of Nature).

Bukan hanya daratan saja, tempat wisata ini juga memiliki keindahan taman bawah laut yang siap membuat kamu terpesona. Kamu bisa melakukan kegiatan apa saja disini mulai dari trekking, snorkeling hingga menyelam. Jika kamu memilih trekking sebaiknya perlu berhati-hati dalam bergerak, karena Komodo binatang buas maka sangat sensitif dengan gerakan yang tiba-tiba.

Nah, jika kamu menyukai menyelam atau snorkeling pasti sangat dimanjakan dengan terumbu karang yang cantik dan masih terawat. Jangan lupa untuk mengunjungi Pink Beach, karena di dunia hanya ada tujuh pantai yang memiliki pasir berwarna kemerahan dan salah satunya ada di Pulau Komodo. Sebenarnya warna pasir menjadi merah muda disebabkan pasir pantai yang bercampur dengan serpihan koral yang hancur.

Trio Gili

Sumber: Unsplash.com

Lombok mungkin kalah terkenal jika dibandingkan dengan Bali, padahal ada tiga pulau cantik di Lombok yang terkenal dengan Trio Gili. Pulau yang termasuk Trio Gili yaitu Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan. Tidak hanya wisatawan domestik saja, wisatawan mancanegara pun juga banyak yang terpesona dengan keindahan dari Trio Gili. Gili Trawangan menjadi yang paling populer dibandingkan dengan dua pulau lainnya karena lebih luas dan terdapat cafe dan bar.

Tapi meskipun demikian, Gili Meno dan Gili Air juga tidak kalah menarik. Karena memiliki keindahan taman bawah laut yang cantik. Dua pulau ini memang lebih sepi jadi cocok banget untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Indonesia yang tidak terlalu ramai.

Wisata Indonesia Raja Ampat

Wisata Indonesia
Sumber: Unsplash.com

Kalau ditanya wisata di Indonesia yang paling terkenal, pasti Raja Ampat masuk ke dalam daftarnya ya. Keindahan Raja Ampat ini sudah terkenal hingga ke mancanegara sehingga tidak heran saat mengunjunginya, kamu akan mudah menemui wisatawan asing. Ada empat pulau utama di Raja Ampat yaitu Salawati, Misol, Waigeo dan Batanta.

Raja Ampat juga terkenal menjadi salah satu tempat wisata snorkeling terbaik di dunia lho. Bahkan sekitar 75% biota laut dunia bisa kamu temukan di Raja Ampat (menurut The Nature Conservancy). Kalau ke Raja Ampat tanpa menyelam, pasti rasanya kamu akan menyesal deh.

Tapi jika kamu tidak ingin menyelam, bisa juga kok menikmati trekking dan bisa menggunakan jasa pemandu. Sata trekking berlangsung, kamu bisa berinteraksi dengan warga dan bahkan mampir ke rumah mereka. Berbagai souvenir juga tersedia mulai dari alat musik hingga patung suku Asmat.

Tana Toraja

Wisata Indonesia
Sumber: Unsplash.com

Hamparan perbukitan hijau dan pegunungan membuat Pesona Tana Toraha tiada duanya. Selain keindahan alamnya yang menyejukkan mata, tradisi leluhur pun masih terjaga dengan baik disini salah satu yang masih dipertahankan adalah tradisi kuno Pemakaman Rambu Solo. Upacara pemakaman Rambu Solo memang sangat unik, karena membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Tidak heran kalau Rambu Solo menjadi salah satu upacara pemakaman termahal di dunia!

Upacara di adakan berhari-hari, dan dilakukan juga sembelih kerbau. Tidak hanya satu kerbau, karena kerbau akan semakin banyak jumlahnya jika seseorang yang meninggal punya kasta yang tinggi. Masyarakat Tana Toraja percaya bahwa seseorang yang meninggal masih dalam kondisi sakit, setelah Rambu Solo diadakan maka barulah mereka percaya bahwa orang tersebut telah meninggal. Tidak heran kalau sebelum melakukan Rambu Solo, jenazah masih diajak ngobrol atau bercanda oleh pihak keluarga.

Tempat Wisata Bali

Wisata Indonesia
Sumber: Unsplash.com

Siapa sih yang tidak mengenal Bali? Pesona pulau ini mampu membuat para wisatawan mancanegara rindu dan ingin kembali lagi ke Bali. Kamu dapat dengan mudah menemukan tempat wisata di Bali, karena bisa dikatakan setiap sudut Bali memiliki pesona yang tiada dua mulai dari keindahan alamnya dan tempat-tempat ibadah yang menarik perhatian.

Ada banyak pantai, gunung, bukit, sawah dan juga tempat lainnya yang bisa memanjakan mata Anda. Dari sekian banyak pantai, yang paling terkenal adalah Pantai Kuta, Pantai Seminyak dan Pantai Legian. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Pura Tanah Lot yang menjadi salah satu ikon Bali.

Sekarang kita bisa mengetahui bahwa untuk menarik perhatian wisatawan dunia, tidak perlu merubah tradisi atau alam menjadi lebih internasional. Karena Bali hingga saat ini masih menjaga tradisi dan budayanya, dan hal tersebutlah yang menjadi “magnet” untuk para wisatawan.

Itulah beberapa tempat wisata Indonesia yang paling favorit. Selain daftar diatas, tentunya masih banyak tempat wisata yang menarik dan gak kalah cantiknya di Indonesia.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *