Ada begitu banyak kegiatan outdoor yang bisa kamu coba, salah satunya camping. Untuk seseorang yang memiliki jiwa petualang, pastinya camping menjadi hobi yang paling digemari, meskipun agak terkesan ribet nyatanya mereka menikmatinya dan bahkan ketagihan. Biasanya camping ini dilakukan di gunung, hutan, danau dan yang paling diminati belakangan ini adalah di pantai. Ada beberapa tips camping di pantai yang akan kita bahas kali ini.

Berkemah di pantai pastinya memberikan pengalaman yang seru dan gak terlupakan seumur hidupmu. Selain itu kamu juga akan berlatih agar lebih mandiri karena ada berbagai tantangan yang pastinya akan kamu hadapi saat menginap di pantai. Oke, sekarang langsung aja yuk kita bahas apa aja sih tips-tipsnya!

Mengecek Kondisi Cuaca Sebelum Berkemah

Tips Camping di Pantai Agar Lebih Asik dan Aman
Sumber: Unsplash.com

Berbicara tentang kegiatan outdoor seperti berkemah ini pastinya cuaca menjadi faktor penting yang harus dipikirkan. Lancar atau tidaknya kegiatan berkemah juga sangat ditentukan oleh cuaca. Maka dari itu sebaiknya sebelum berangkat ke pantai, cobalah untuk mengecek kondisi cuaca terkini di pantai yang menjadi tujuanmu.

Memang sih hujan bukan menjadi masalah yang berarti, karena kamu bisa masuk ke dalam tenda. Tapi hujan bisa membuat rencanamu untuk menikmati air dan ombak, membuat api unggun, melihat bintang pada malam hari dan berbagai aktivitas di pantai menjadi tidak bisa dinikmati.

Perkiraan cuaca memang tidak selalu benar, tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui update terkini mengenai cuaca di pantai yang akan kamu kunjungi. Dan sebaiknya hindari untuk camping di bulan-bulan yang terindikasi musim hujan.

Tips Camping Dengan Mengetahui Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut juga harus kamu perhatikan dengan baik sebelum memutuskan untuk pergi camping. Untuk mengetahui air laut sedang pasang atau surut cobalah untuk mengetahui gravitasi bulan ke bumi pada kalender hijriyah. Karena hal tersebut memang sangat mempengaruhi kondisi dai air laut tersebut.

Pada kalender hijriyah setiap tanggal 15 adalah bulan purnama dan disaat itulah air laut mengalami pasang yang cukup tinggi sehingga dapat membahayakan kamu. Kalender ini tentunya sangat bermanfaat ya! Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi pasang surut air laut dari penduduk setempat dan sampai mana batas maksimal air laut pasang. Jadi kamu bisa mendirikan tenda di batas yang aman meskipun air laut sedang pasang.

Tapi memang sih sebaiknya saat air laut pasang, tahan dulu ya keinginanmu untuk camping di pantai. Ini dilakukan agar tenda tidak terseret ombak saat kamu sedang tertidur dan tentunya ini dilakukan demi keselamatan kamu.

Lokasi Camping yang Sedikit Terutup

Sumber: Unsplash.com

Bukan hanya ombak yang perlu di waspadai saat memutuskan untuk camping di pantai, karena angin juga akan sangat membahayakan. Dan angin akan lebih kencang di pinggir pantai pada saat malam hari. Sebaiknya pilihlah lokasi yang agak sedikit tertutup untuk mendirikan tenda. Lokasi tertutup ini akan melindungi tenda dari angin pantai yang kencang. Jadi saat tidur pun kamu gak akan khawatir dengan adanya air laut yang sedang pasang atau angin yang kencang.

Dan tips camping lain yaitu kamu juga bisa kok memilih lokasi yang terlindung untuk mendirikan tenda contohnya di dekat pepohonan dan dibelakang semak-semak yang akan membantu kamu agar terhindar dari terpaan angin yang cukup kencang. Sebaiknya jangan memilih semak-semak yang tinggi karena bisa saja muncul berbagai binatang berbahaya seperti ular. Tempat mendirikan tenda juga sebaiknya yang cukup luas agar kamu bisa memasak dan membuat api unggun untuk menghangatkan badan.

Utamakan Pantai Berpasir Padat

Agar aktivitas berkemah menjadi lebih lancar, pilihlah pantai dengan pasir yang padat. Ini dilakukan agar tenda tidak mudah terbawa angin. Kamu juga bisa memanfaatkan patok agar tenda tetap stay. Biasanya pasir yang lebih padat ini bisa kamu temukan pada jarak yang agak jauh dari tepi pantai. Meskipun demikian, setidaknya akan lebih aman bukan?

Jangan asal juga menancapkan patok, kalau salah sedikit saja bisa-bisa tenda kamu akan terbawa angin atau rusak. Tancapkan patok cukup dalam agar patok bisa menahan terpaan angin dengan baik.

Cek Kelengkapan Peralatan dan Perlengkapan

Saat camping semuanya kebutuhan mengenai perlengkapan dan juga peralatan harus di cek kembali dan jangan sampai ada yang tertinggal. Perlu di ingat, jika kamu lupa membawa satu peralatan saja bisa-bisa akan berakibat fatal pada kenyamanan dan keamanan saat camping berlangsung.

Saat camping ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus kamu siapkan. Diantaranya seperti survival kit, alat untuk memasak, minum, makan, alat tidur, tenda, obat-obatan, alat kebersihan, logistik dan perlengkapan pribadi lainnya.

Mengetahui Cara Khusus Untuk Membuat Api Unggun

Sumber: Unsplash.com

Bukan hal yang mudah memang untuk membuat api unggun di pantai, karena terpaan angin yang kencang membuat kamu kesulitan. Karena pada saat malam hari tentunya angin pantai akan berhembus lebih kencang jadi akan lebih menyulitkan dibandingkan dengan membuat api saat siang hari.

Ternyata jika kamu mengetahui trik membuat api unggun di pantai, pasti akan terasa mudah kok. Caranya kamu harus menggali pasir pantai dengan kedalaman sekitar 15 cm, selanjutnya letakkan kayu dan langkah yang terakhir hidupkanlah api. Sekarang api unggun yang kamu buat jadi tidak mudah padam deh!

Demikian tips camping di pantai yang bisa kamu coba. Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat untuk kamu ya!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *