Bali menjadi salah satu tempat yang menjadi ikon dari wisata Indonesia. Kita semua pasti sudah tahu ya kalau Bali menjadi “magnet” para wisatawan asing untuk datang ke Indonesia karena menawarkan beribu keindahan. Tapi sayangnya banyak masyarakat Indonesia yang belum pernah ke Bali dengan alasan budget yang ada belum bisa mencukupi karena biaya liburan di Bali cukup mahal. Tapi tenang aja, karena disini kamu akan mengetahui tips liburan hemat di Bali yang gak akan bikin kantong jebol!

Yap, seperti yang kita ketahui, bahwa melancong ke Bali memang membutuhkan biaya yang gak sedikit. Karena mayoritas tempat wisata dan juga penginapan disana biayanya cukup tinggi. Untuk kamu yang penasaran apa aja sih tips liburan hematnya, yuk langsung aja kita ketahui!

Pos Dana

Tips Liburan Hemat di Bali Gak Bikin Kantong Jebol!
Sumber: Unsplash.com

Tips yang pertama adalah kamu perlu membuat pos dana. Ini sangat berguna untuk mengontrol pengeluaranmu. Pisahkanlah anggaran untuk ticketing dan juga akomodasi untuk keperluan membayar tiket ke beberapa tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, makan, ataupun membeli souvenir untuk orang-orang terdekat.

Jangan membawa banyak uang di dompet, karena hal tersebut secara tidak langsung akan membuat kamu tergoda untuk menghabiskannya. Sebaiknya sisakan sedikit uang saja di dompet, dan untuk uang yang cukup banyak atau uang lebih bisa kamu pisahkan di rekening bank. Jadi kalau ada keperluan mendesak sewaktu-waktu bisa kamu ambil di ATM. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih aman dan tidak kerepotan karena harus membawa banyak uang di dalam dompet.

Hindari Pergi di Akhir Pekan atau Musim Liburan

Pernah gak sih kamu merasa bahwa mengunjungi tempat wisata saat musim liburan atau akhir pekan punya kesan yang berbeda dibandingkan dengan hari biasanya? Kalau kamu ingin liburan hemat di Bali, sebaiknya hindari deh pergi di akhir pekan ataupun musim liburan ya. Karena kenyataannya pada waktu tersebut segalanya akan jadi lebih mahal, seperti tiket masuk ke tempat wisata, penginapan dan yang pasti tiket pesawat.

Selain biayanya yang mahal, jumlah pengunjung juga menjadi lebih banyak sehingga kamu kurang bisa menikmati wisata tersebut. Mengunjungi bali pada hari-hari kerja bisa menjadi pilihan yang tepat karena berbagai penginapan, tempat wisata dan tiket pesawat mematok harga yang lebih murah.

Ada tips lagi nih untuk kamu yang menggunakan pesawat untuk mengunjungi Bali. Sebaiknya pesanlah tiket pesawat untuk penerbangan saat malam hari karena harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan penerbangan saat pagi hari ataupun siang hari.

Tips Liburan Hemat dengan Mencari Penginapan Murah

Tips Liburan Hemat di Bali Gak Bikin Kantong Jebol!
Sumber: Unsplash.com

Tips liburan hemat yang selanjutnya yaitu dengan mencari penginapan yang murah. Gak mungkin kamu mengunjungi Bali cuma sehari saja atau tanpa menginap, karena tidak akan puas! Di Bali juga ada banyak kok penginapan dengan harga murah dan pastinya nyaman. Ada dua kawasan yang terkenal banyak penginapan murah seperti di Jalan Legian atau di Jalan Poppy Lane.

Untuk harga menginap per malamnya, kamu cukup mengeluarkan Rp 100 ribu sampai Rp 350 ribuan aja. Tapi jika kamu menyewa untuk tiga hari berturut-turut, harga yang kamu dapatkan akan jauh lebih miring. Meskipun murah, tapi fasilitas yang disediakan gak murahan kok. Fasilitas yang disediakan seperti kipas angin, kamar mandi dalam dan single bed. Untuk mengetahui ulasan pengunjung sebelumnya dan juga rating, kamu bisa memeriksa informasi penginapan yang di inginkan dari internet.

Menyewa Sepeda Motor

Ketika sampai di Bali pastinya gak sabar banget ya untuk menikmati berbagai tempat wisata yang ada. Kalau jarak tempat wisata yang satu dengan yang lainnya berdekatan memang gak masalah, karena kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Tapi kalau jauh bagaimana? kamu bisa memilih untuk sewa sepeda motor. Selain lebih bebas, kamu biaya yang kamu keluarkan juga menjadi lebih hemat.

Memang sih, turis yang datang ke Bali lebih memilih untuk menyewa sepeda motor dibandingkan dengan menggunakan taksi atau kendaraan umum lainnya. Harga sewa juga bisa lebih murah jika kamu menyewanya lebih dari satu hari.

Tips Liburan Hemat Dengan Makan di Kedai Khusus Backpacker

Tips Liburan Hemat di Bali Gak Bikin Kantong Jebol!
Sumber: Unsplash.com

Kamu juga perlu berhati-hati kalau soal makanan. Karena semakin banyak tempat wisata yang kamu kunjungi, semakin banyak juga uang yang kamu keluarkan untuk makan sehingga bikin kantong tipis! Untuk membuat perut kenyang tanpa mengeluarkan biaya lebih sebaiknya makanlah di kedai khusus backpacker.

Di Bali ada banyak banget kedai khusus backpacker atau warung-warung makan murah yang bisa kamu temui di sekitar pantai ataupun berbagai tempat wisata yang biasanya menjadi tempat “nongkrong” anak backpacker.

Membeli Souvenir di Pasar Sukawati

Setelah tiba waktunya untuk pulang, rasanya kurang lengkap ya kalau tidak membeli souvenir untuk orang-orang terdekat. Biasanya souvenir di Bali memang terkenal mahal apalagi untuk wisatawan asing. Tapi ada salah satu tempat yang menjual berbagai souvenir dengan harga miring, yaitu pasar Sukawati.

Dibandingkan dengan toko modern yang menjual souvenir, tentunya membeli souvenir di pinggir jalan atau di pasar bisa lebih murah dan kualitasnya gak kalah kok dengan toko modern. Selain itu jika membeli cukup banyak souvenir, kamu bisa mendapatkan harga spesial.

Itulah beberapa tips liburan hemat di Bali yang gak bikin kantong jebol. Agar bisa lebih menghemat pengeluaran, jangan ragu untuk menawar ya. Semoga tips ini bisa membantu, selamat mencoba!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *