Memilih hotel untuk staycation yang tepat adalah kunci keberhasilan liburan kamu di era new normal. Setelah sekitar 3 bulan kita harus karantina mandiri di dalam rumah, kini kita sudah bisa memulai hidup dengan kebiasaan baru.

Walaupun kita belum sepenuhnya bisa beraktivitas secara bebas seperti sedia kala, tetapi ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah staycation, yang bisa jadi pilihan untuk menghilangkan kejenuhan di masa pandemi.

Pemerintah sudah melonggarkan batasan perjalanan wisata, terutama ke daerah-daerah yang berzona hijau dan kuning. Jadi, sudah siap ber-staycation ria?

Apa Itu Staycation?

memilih hotel untuk staycation (1)
Sumber: Pixabay.com

Staycation pada dasarnya adalah liburan yang dilakukan secara sederhana. Bisa memilih destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga lebih aman. Namun ada juga yang melakukan kegiatan ini di rumah saja.

Memang benar, belum saatnya untuk melepas pengamanan terhadap pandemi secara penuh. Tapi staycation tetap bisa dilakukan asal kita tetap bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan sekitar kita. Keamanan bersama adalah yang paling penting. Setelah 3 bulan mengarantina diri dan keluarga, mencari sedikit hiburan tentu sah-sah saja.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Pilih tujuan staycation menyenangkan yang ada di dekat rumah saja. Bisa di dalam kota ataupun di luar kota. Kalau mau menginap pun boleh saja. Ada beberapa tips yang saya lakukan sebelum memilih hotel untuk staycation pertama di luar rumah. Mau tau?

Tips Memilih Hotel untuk Staycation

Sebelum memilih hotel untuk staycation, ini dia yang hal-hal yang saya lakukan agar tetap aman dan nyaman:

1. Cari Info Tentang Tempat Seru di Dekat Rumah

Sumber: Pixabay.com

Kalau sebelum pandemi kita lebih sering mencar destinasi wisata yang jauh dari rumah, sekarang fokus pada tempat yang dekat saja. Tanpa sadar, mungkin kita melewatkan banyak keseruan di dekat kita. Cari info sebanyak-banyaknya sebelum mencari penginapan yang ada di dekat tujuan kita.

2. Cari Penginapan di Sekitar Destinasi

memilih hotel untuk staycation (1)
Sumber: Pixabay.com

Sudah memilih destinasi dan kegiatan apa yang akan dilakukan untuk staycation, sekarang saatnya cari penginapan. Jenis penginapan saat ini sudah sangat banyak. Apalai kebetulan tujuan saya kali ini adalah tempat yang biasanya banyak dikunjungi wisatawan. Jadi lingkungan sekitarnya pun menawarkan ragam penginapan yang bervariasi.

Mulai dari hotel, vila, homestay, hingga glamping, semuanya ada. Tidak perlu bingung, cari info sebanyak-banyaknya mengenai semua penginapan ini. Baik dari situs resminya, atau bisa juga dari review yang ada di aplikasi traveling.

3. Pilih Penginapan dengan Jaminan Keamanan dan Kesehatan yang Memadai

memilih hotel untuk staycation (1)
Sumber: Pixabay.com

Kita mau berlibur di saat situasi tidak bisa dikatakan normal, jadi memang perlu ekstra usaha dan berhati-hati. Bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga, tapi kepentingan bersama.

Jadi saat memilih hotel untuk staycation, sebaiknya pilih yang menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai. Pengukuran suhu badan, disediakan banyak tempat cuci tangan, keharusan mengenakan masker adalah beberapa di antaranya.

Memang tidak ada jaminan bahwa sebuah tempat bisa terbebas dari kuman dan virus 100%. Tetapi tidak ada salahnya melakukan pencegahan, kan? Kamu juga harus mengikuti protokol menginap di hotel. Buat pengetahuan, bisa nih baca tulisan ini: Protokol Kesehatan Masuk Hotel Saat Wisata Era New Normal

4. Memilih Hotel Untuk Staycation Sesuai dengan Aktivitas yang Kita Suka

Sumber: Pixabay.com

Setiap orang punya preferensi masing-masing, karena itu kebutuhannya pun pasti berbeda-beda. Begitu juga dalam memilih hotel untuk staycation. Kalau kamu suka kegiatan outdoor, bisa cari penginapan yang menyediakan kolam renang, penyewaan sepeda, lapangan tenis, dan lain sebagainya.

Sementara kalau kamu ingin menikmati fasilitas yang memanjakan tubuh dan pikiran selama staycation, bisa juga. Pilih penginapan yang menyediakan fasilitas spa, pijat, atau lulur. Tapi ingat, harus dengan prosedur kesehatan dan keamanan yang memadai.

Kalau saya, kebetulan hanya ingin bersantai tidak ingin melakukan apa-apa, melepas kebosanan selama 3 bulan di rumah saja. Jadi saya pilih penginapan dengan faslitas kamar yang lengkap. Tak lupa yang menawarkan pemandangan indah begitu melihat ke luar jendela kamar.

5. Pilih yang Akses Makanannya Mudah

Sumber: Pixabay.com

Saat liburan, salah satu hal yang saya tunggu-tunggu adalah makan. Jadi, poin ini cukup krusial. Bukan hanya penginapan yang aman dan nyaman saat pandemi saja. Jangan lupa pilih penginapan yang dekat dengan pusat kuliner.

Atau setidaknya penginapan tersebut bisa memberi layanan restoran yang sesuai standar kesehatan. Akan lebih baik lagi jika penginapan yang kamu pilih menawarkan layanan makan di dalam kamar.

6. Hindari Keramaian

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang tidak memberlakukan work from home. Karena itu, akhir pekan pasti akan mulaimenjadi saat yang padat untuk berlibur. Karena itu, demi alasan keamanan dan kenyamanan saya sengaja menghindari akhir pekan dan hari libur nasional untuk staycation.

Di hari biasa, harga penginapan pun biasanya cenderung lebih murah. Jadi, selain bisa menghindari keramaian, dapat bonus berhemat juga di tengah pandemi.

7. Memilih Hotel untuk Staycation yang Sesuai Budget

memilih hotel untuk staycation (1)
Sumber: Pixabay.com

Sudah mendapatkan semua kriteri yang kamu inginkan untuk penginapan selama staycation? Saatnya cek harga. Apakah sudah sesuai dengan budget yang kamu siapkan?

Inti dari staycation pada dasarnya adalah berlibur dengan simpel dan biaya yang tidak banyak. Jadi pilih penginapan yang sesuai dengan budget masing-masing.

8. Jangan Lewatkan Promo

memilih hotel untuk staycation (1)
Sumber: Pixabay.com

Situasi pandemi kurang menguntungkan bagi industri wisata. Karena itu, tidak sedikit yang menawarkan promo untuk liburan. Nah, kita sebagai konsumen yang haru pintar-pintar cari pomo. Saya menggunakan aplikasi perjalanan tertentu untuk cari info tentang promo. Jangan lewatkan erbagai potongan harga yang bisa kamu dapatkan untuk staycation kali ini!

Namun, hal yang paling penting sebelum memilih hotel untuk staycation adalah pastikan kesehatanmu dan keluarga. Jangan sampai ini justru bisa menghambat kegiatan yang seharusnya menyenangkan di tempat tujuan. Dan ingat, selalu menjaga kebersihan dan mengikuti semua prosedur kesehatan selama staycation, ya.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *