Tips Staycation di Jakarta Saat New Normal – Siapa yang tidak rindu berlibur dan bersantai? Selama masa pandemi kemarin banyak tempat wisata dan penginapan yang mau tidak mau harus menutup tempat usahanya. Begitu pula dengan sebagian besar masyarakat Jakarta yang terpaksa mengurung diri di rumah untuk menghindari resiko terserang virus. Namun, saat ini perlahan banyak hotel dan penginapan mulai bergeliat kembali. Otomatis tentu banyak yang sudah merasa rindu merasakan nikmatnya berlibur, salah satunya dengan memilih staycation di dalam kota. Jika hal ini terlintas dalam pikiran, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan. Apalagi jika berada di Jakarta yang cukup padat dan memiliki resiko penularan yang cukup tinggi. Supaya terhindar dari resiko tersebut, yuk simak lebih dulu apa saja tips staycation di jakarta di Jakarta saat new normal ini!

Tips Staycation Pastikan Kondisi Kesehatan

Hal pertama yang harus disiapkan tentu kesehatan pribadi masing-masing anggota yang akan berlibur. Pastikan kondisi badan cukup fit untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya tidak ada demam, maupun tidak sedang menderita batuk pilek yang berat. Karena kondisi badan yang sehat tentu memudahkan melakukan aktivitas termasuk bepergian. Namun, jika salah satu kondisi kesehatan di atas tidak memenuhi, bisa jadi pihak hotel tidak mengijinkan untuk menginap.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jaga kesehatan sebelum memutuskan untuk staycation di hotel pilihan. Bila perlu konsumsi vitamin seperlunya sebelum waktu staycation tiba. Jaga pola makan dan istirahat yang teratur. Tentu lebih menyenangkan jika menikmati liburan dalam kondisi sehat daripada sedang sakit.

tips staycation

Persiapkan Perlengkapan Pribadi

Di era new normal ini tentu ada lebih banyak persiapan yang harus dilakukan dibanding masa sebelumnya. Sesuai anjuran kementrian kesehatan, ada baiknya bila tiap orang mulai memiliki persiapan yang memadai untuk meminimkan penularan virus. Salah satunya dengan memiliki perlengkapan pribadi yang lengkap dan memadai. Mulai dari hal kecil seperti masker, hand sanitizer, bila perlu sampai dengan perlengkapan ibadah dan perlengkapan makan pribadi.

Tentu saja biasanya beberapa item di atas tersedia di hotel. Namun bisa jadi kondisi sekarang tidak cukup kondusif untuk mengandalkan peralatan dari hotel saja. Maka dari itu sebaiknya siapkan segala keperluan yang akan digunakan sebelum berangkat. Jika harus mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya siapkan semua obat pribadi untuk dibawa supaya jika sewaktu-waktu diperlukan tidak bingung atau berakibat fatal.

tips staycation

Pilih Hotel Dengan Protokol Kesehatan Memadai

Jakarta sebagai kota besar tentunya memiliki banyak pilihan hotel yang menarik. Tapi, perlu diketahui bahwa harus bisa di Jakarta saat new normal yang memilih hotel dengan protokol kesehatan yang memadai. Misalnya pilih hotel yang rutin menyemprotkan desinfektan pada seluruh peralatannya. Atau pilih yang memiliki prosedur ketat untuk memilih tamu yang diperbolehkan menginap.

Memilih hotel dengan protokol new normal yang tepat membantu supaya resiko penularan virus lebih minim. Sehingga secara tidak langsung juga memberi rasa aman dan nyaman saat menginap. Jika tidak bisa jadi tidak aman untuk menginap di hotel tersebut. Oleh sebab itu jika belum jelas, menanyakan standar protokol kesehatan hotel sebelum menginap merupakan ide yang baik untuk dilakukan.

Tips Staycation Booking Hotel Refundable

Saat ini pasti banyak hotel yang memberikan berbagai macam diskon menarik bagi yang ingin menginap. Maklum saja, dampak virus yang cukup terasa membuat banyak hotel kehilangan pelanggan. Sehingga saat ini untuk menghidupkan kembali akhirnya dibuatlah promosi diskon besar-besaran. Sekilas hal ini terlihat menarik, tapi jangan salah. Sebaiknya perhatikan ketentuan yang diberikan. Jangan sampai salah memilih hotel dan kemudian akhirnya justru merugi.

Salah satu tips staycation di jakarta di Jakarta saat new normal yaitu memilih booking hotel yang refundable. Hal ini cukup penting supaya jika tiba-tiba berhalangan hadir atau kondisi untuk menginap tidak memungkinkan, maka biaya yang dikeluarkan dapat dikembalikan. Beberapa hotel memberikan kebijakan tersebut, mulai dari pengembalian utuh, hingga pengembalian sebagian. Dengan memilih opsi yang satu ini, maka apabila staycation terpaksa dibatalkan, maka tidak perlu kehilangan dana secara cuma-cuma.

tips staycation

Hindari Fasilitas Publik

Hotel di Jakarta sebagian besar menawarkan fasilitas menarik yang menggiurkan. Mulai dari kolam renang, tempat fitness, tempat pijat dan spa, bar dan lounge karaoke, hingga taman bermain untuk anak. Sepintas hal ini terlihat cukup menyenangkan untuk dicoba sambil mengisi waktu saat staycation. Namun, di balik itu semua ada resiko penularan virus yang bisa saja terjadi pada siapa saja. Tanpa disadari fasilitas publik yang disediakan oleh hotel tersebut adalah tempat yang paling rentan untuk menularkan virus.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk memilih tinggal di kamar dan memastikan hotel telah menerapkan protokol kesehatan yang optimal dalam menjaga kebersihan tiap kamar tidur. Tahanlah diri untuk tidak berenang kali ini, atau usahakan tidak mengajak anak bermain di playground hotel. Dengan menghindari arena publik tersebut, paling tidak akan membantu untuk meminimkan resiko penularan virus pada keluarga. Tentu tidak ada yang mau berangkat dalam kondisi sehat dan pulang tertular penyakit bukan?

Nah, itu tadi beberapa tips staycation di Jakarta saat new normal dari rekreasi. Dengan mencoba beberapa tips di atas, dijamin liburan singkat di dalam kota akan tetap menyenangkan dan aman. Jadi, jika sudah mulai membayangkan untuk berlibur ke hotel terdekat, tidak perlu ragu lagi. Jalankan tips yang diberikan, maka selain mendapatkan liburan yang menyegarkan, dijamin juga bebas dari resiko penularan virus. Selamat berlibur!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *