Wisata murah Jogja adalah salah satu wisata yang banyak diburu masyarakat. Tidak hanya murah di ongkos, tetapi wisata yang satu ini menawarkan keaneka ragaman pilihan wisata. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner dan wisata budaya. Dari dulu Jogja adalah kawasan wisata yang memang menyuguhkan banyak pilihan. Karena itu wajar saja jika banyak yang sudah rindu berkunjung ke kota yang satu ini. Bagi yang ingin melakukan perjalanan wisata murah ke Jogja di masa new normal, berikut ini beberapa tempat yang sudah dibuka kembali.

Kawasan Malioboro

Siapa yang tak suka berbelanja aneka barang murah di kawasan Malioboro. Mulai dari kerajinan seni, batik, hingga aneka kuliner tradisional khas Jogja ada di kawasan ini. Bagi yang memiliki dana pas-pasan, berlibur di Jogja akan kurang rasanya tanpa memanjakan diri berkeliling kawasan Malioboro. Jika ingin membawa pulang buah tangan, di kawasan ini ada banyak oleh-oleh dengan harga yang sangat murah. Jika ingin mendapatkan harga super fantastis, jangan lupa untuk menawar serendah mungkin. Dijamin, hemat tapi bermanfaat.

Wisata Murah Jogja Kalibiru

Kabar gembira bagi yang rindu berfoto selfie di kawasan instagramable Jogja. Saat ini pengelola wisata Kalibiru telah menyatakan bahwa kawasan wisata tersebut sudah siap beroperasi. Wah, tentu ini menyenangkan sekali ya. Tidak hanya menawarkan pemandangan aduhai yang cantik, tapi biaya untuk berkunjung ke Kalibiru juga bisa dibilang cukup hemat lho.

Wisata Murah Jogja Kalibiru
Wisata Murah Jogja, Kalibiru

Oleh sebab itu jangan ragu untuk berlibur ke kawasan Bukit Menoreh tersebut. Pemandangan cantik dan udara yang segar sudah menanti. Bahkan sebagai salah satu protokol new normal, sekarang pembelian tiket masuk Kalibiru sudah bisa dilakukan secara online. Nantinya, wisatawan juga akan dicek suhu serta ada tempat cuci tangan yang memadai sebelum memasuki kawasan. Nah, sudah pasti aman kan?

Istana Air Taman Sari

Bagi yang rindu wisata murah Jogja, pilihan berkunjung ke Istana Air Taman Sari juga bisa menjadi alternatif yang tepat. Tidak hanya murah, tetapi mengunjungi area ini bahkan tidak dipungut biaya sama sekali. Kabar baiknya, objek wisata tersebut sudah beroperasi kembali setelah ditutup selama beberapa bukan lamanya. Hanya saja yang patut diperhatikan, saat ini kapasitas pengunjung harian dibatasi hanya sekitar maksimal 500 orang setiap harinya. Jam buka terbatas hanya diperbolehkan dari pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore.Tidak hanya itu saja, tetapi pengunjung wajib menggunakan masker dan mencuci tangan. Kemudian jangan kaget, hanya 3-4 lokasi saja yang sudah diperbolehkan untuk dikunjungi. Jadi, jika sedang berlibur ke Jogja dan punya dana minim, sebaiknya rencanakan untuk berkunjung ke area ini saja.

Wisata Murah Jogja Candi Prambanan

Berlibur ke Jogja pasti belum lengkap tanpa menyempatkan waktu berkunjung ke Candi Prambanan. Lokasinya tak jauh dari pusat kota dan bisa dibilang merupakan kawasan candi yang cukup dekat dari pusat kota Jogja. Ada banyak pilihan transportasi umum murah yang bisa digunakan jika ingin mengunjungi Candi Prambanan.

Wisata Murah Jogja Candi Prambanan
Wisata Murah Jogja Candi Prambanan

Di masa new normal, candi yang satu ini sudah mulai dibuka per tanggal 1 Juli 2020 kemarin. Sehingga bagi para wisatawan yang rindu menikmati wisata budaya di area tersebut, tidak perlu ragu untuk datang mengunjunginya. Yang patut diperhatikan yaitu aturan baru selama masa new normal pada para pengunjung. Misalnya saja kewajiban cuci tangan dan ukur suhu, serta wajib memakai masker di kawasan wisata. Selain itu jam buka juga terbatas hanya mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore saja. Karena itu jangan sampai salah waktu, supaya dapat masuk ke kawasan wisata Candi Prambanan.

Keraton Jogja

Wisata murah berikutnya yang bisa dijadikan alternatif saat berada di Jogja yaitu dengan berkunjung ke Keraton Jogja. Saat ini di masa new normal, diberlakukan beberapa protokol kesehatan bagi yang hendak memasuki kawasan keraton. Sebaiknya jika memang ingin berkunjung ke sini, patuhi aturan yang baru dengan baik. Salah-salah, maka tidak diperbolehkan masuk ke kawasan keraton.

Objek wisata yang satu ini memang terkenal murah dari dulu. Pengunjung disini akan dimanjakan oleh berbagai warisan budaya yang kental dengan adat jawa di Jogjakarta. Selain itu, bisa juga melihat lebih dekat kawasan tempat tinggal Hamengkubuwono tersebut. Jadi, jika memang tidak memiliki banyak dana untuk menikmati liburan di kota yang satu ini, cocok sekali jika memilih destinasi wisata Keraton Jogja. Dijamin tidak akan menyesal setelah mengunjunginya!

Pantai Kukup dan Pantai Baron

Jika rindu liburan yang segar dan menyejukkan mata, berkunjung ke kawasan pantai di seputar kota Jogja juga dapat menjadi pilihan yang menarik. Bila tidak punya banyak dana untuk berlibur ke resort pantai mewah di kawasan Jogja, maka berkunjung ke pantai di kawasan Gunung Kidul adalah pilihan hemat nan murah. Beberapa dari tempat wisata pantai yang sudah dibuka yaitu Pantai Kukup dan Pantai Baron. Sayang sekali karena hingga saat ini Pantai Indrayanti dinyatakan belum resmi dibuka. Sehingga bila berkunjung ke kawasan tersebut, harus puas mendatangi dua pantai tersebut saja. Tapi jangan khawatir, karena pemandangan di sini sama cantiknya!

Wisata Murah Jogja Pantai Gunung Kidul
Pantai di Kawasan Gunung Kidul

itulah beberapa Wisata Murah Jogja Siap New Normal. Ternyata ada banyak pilihan wisata murah Jogja yang sudah siap di masa new normal ini. Jadi, tidak salah jika mulai merencanakan liburan ke kota yang satu ini. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan nantinya. Persiapkan barang pribadi dengan baik, dan rencanakan perjalananmu sekarang juga!

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *