Wisata Pantai Kelingking sebagai salah satu destinasi wisata baru di seputar Bali tampaknya semakin meramaikan dunia pariwisata di tanah air. Beberapa orang mungkin saja masih merasa asing dengan pantai ini. Bahkan mungkin saja nama pantai ini belum pernah didengar oleh sebagian orang. Namun jika Anda pernah berkunjung ke pantai tersebut, maka sudah pasti sulit untuk melupakannya. Keindahan pemandangan yang disuguhkan sangat menakjubkan sehingga dapat memberikan kesan tersendiri yang melekat. Karena keindahannya ini, sebagian masyarakat menyebutnya sebagai tempat yang menghadirkan keindahan surga secara tersembunyi.

Pesona Pantai Kelingking

Di tempat ini Anda bisa melihat pemandangan yang cukup eksotis dari atas tebing yang dinamakan Tebing Paluang atau Karang Dawa. Tebing ini rupanya cukup terkenal karena bantuknya yang sangat unik. Bentuknya hampir menyerupai leher T-Rex. Tentu saja keunikannya semakin membuat para wisatawan menjadi penasaran dan tertarik untuk berkunjung kesana. Dari tebing maka Anda bisa menikmati pemandangan berupa air laut yang tenang ditambah dengan pasir putih yang indah. Sehingga pemandangan langka yang menarik dapat Anda nikmati di pantai ini.

Pantai Kelingking yang menakjubkan ini terletak di sebuah pulau kecil yang berada di dekat Pulau Bali, yaitu tepatnya di Pulau Nusa Penida Barat. Lebih lanjut pantai yang indah ini berlokasi di Dusun Karang Dawa Desa Bunga Mekar yang termasuk ke dalam Kecamatan Nusa Penida. Tentu saja pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang tidak terlewatkan bagi para wisatawan atau turis yang berkunjung ke Bali. Wisata Pantai Kelingking memang menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk Anda sekalian, terutama jika sedang berwisata ke wilayah Bali dan sekitarnya.

Trip Menuju Pantai Kelingking

Untuk dapat meraih lokasi pantai yang eksotis ini, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Sebaiknya bila baru pertama kali berkunjung ke Pantai Kelingking, ikuti saja petunjuk berikut ini.

Menyeberang ke Pulau Nusa Penida

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Wisata Pantai Kelingking bisa melakukan perjalanan yang sebenarnya tidak rumit. Kini Anda bisa mencapai pantai indah tersebut dengan lebih mudah. Tentunya untuk mencapai wisata pantai terindah tersebut maka Anda perlu melakukan penyeberangan terlebih dahulu dari Pulau Bali hingga menuju ke Pulau Nusa Penida. Penyeberangan ini bisa dilakukan dengan menggunakan fast boat atau kapal feri. Jika Anda memang ingin naik kapal feri maka Anda bisa menuju ke pelabuhan Sanur untuk naik kapal feri. Sedangkan bila Anda membutuhkan penyeberangan dengan menggunakan kendaraan maka Anda bisa melakukan penyeberangan dari pelabuhan Padang Bai.

Menuju ke Dusun Karang Dawa

Setelah sampai di Nusa Penida maka Anda bisa berlanjut ke lokasi pantai di Dusun Karang Dawa. Anda bisa menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan. Untuk Anda yang ingin berkendara sendiri maka Anda harus melakukan perjalanan dengan lebih hati-hati karena jalanan menuju ke tempat tersebut tidak begitu mulus. Menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor seringkali menjadi alternatif bagi kebanyakan orang yang ingin berwisata. Jadi perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu direkomendasikan selama Anda bisa tetap berhati-hati dalam perjalanan. Jika memang Anda tidak membawa kendaraan maka Anda bisa melakukan penyewaan motor. Bagi Anda sekalian yang ingin menggunakan jasa travel juga bisa sehingga Anda bisa mencapai lokasi dengan lebih mudah dan praktis.

Menuruni Tebing Karang Dawa

Sesampainya di wisata Pantai Kelingking maka Anda bisa turun dari tebing curam agar bisa mencapai bibir pantai. Tentu saja perjalanan turun dari tebing menuju ke bibir pantai harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Perjalanan turun menuju ke bibir pantai ini tampaknya hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan langkah Anda dengan benar. Sebab jalanan menuju ke bibir pantai tentu saja sangat curam dan licin. Menikmati pantai dari atas tebing juga bisa menjadi pilihan bagi Anda. Keindahan pantai baik dari atas tebing maupun dari bibir pantai tetap saja indah dan memukau.

Bermalam di Seputar Wisata Pantai Kelingking

Melakukan perjalanan ke Pulau Kelingking mungkin saja cukup melelahkan bagi Anda. Berwisata ke tempat yang indah tersebut mungkin akan menghabiskan waktu Anda lebih dari satu hari sehingga Anda harus menginap. Terlebih lagi bila Anda sedang melakukan perjalanan tour yang cukup panjang dan perlu beristirahat di satu tempat seperti misalnya di sekitar Pantai Kelingking. Bermalam di Nusa Penida akan menjadi ide yang sangat baik dan akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Jika Anda ingin bermalam di sekitar kawasan wisata Pantai Kelingking yang terletak di Nusa Penida ini, maka Anda perlu mencari penginapan dengan lokasi yang agak jauh. Sebab di dekat tebing pantai hingga saat ini belum tersedia tempat penginapan.

Namun tentunya Anda bisa menemukan berbagai macam tempat bermalam di Nusa Penida. Di kawasan ini Anda bisa menemukan cottage ataupun bungalow. Ada juga villa yang akan menjadi rekomendasi bagi Anda sebagai tempat menginap. Bagi yang ingin mendapatkan paket perjalanan dan tempat bermalam maka sebaiknya jangan ragu untuk menggunakan jasa atau agen pariwisata. Melalui agen perjalanan inilah Anda akan mendapatkan rekomendasi tempat untuk bermalam sekaligus berbagai destinasi wisata yang layak dituju. Dengan bermalam di kawasan Nusa Penida setidaknya Anda dapat meluangkan waktu yang lebih banyak lagi untuk bisa menikmati indahnya pantai.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *